Cara Elevenia Menjawab Pergeseran Perilaku Konsumen dalam Berzakat

Era digital tak hanya membuat kebiasaan konsumen dalam berbelanja berubah mengarah pada belanja online. Namun, dalam berzakat pun kebiasaan konsumen turut bergeser menuju online.

Merujuk data organisasi penghimpun donasi Rumah Zakat, terungkap bahwa sejak tahun 2015 terdapat pergeseran tren dari masyarakat dalam metode pembayaran zakat. Jika biasanya masyarakat membayarkan zakat dengan bertatap muka, kini mayoritas masyarakat lebih memilih membayar zakat secara online. Tercatat pada 2016, sebanyak 75% dari Rp 230 miliar, zakat yang berhasil dihimpun oleh Rumah Zakat didapat dari donasi dan zakat online.

Donasi atau Zakat online sendiri adalah proses pembayaran zakat yang dilakukan melalui system online/digital, dimana pemberi zakat dan dan penerima zakat tidak perlu bertatap muka dalam melakukan transaksi pembayaran zakat. Sistem online ini diadakan untuk memberikan kemudahan bagi para wajib zakat (muzzaki) dan demi meraih pangsa pasar yang lebih luas karena pelayanan pembayaran zakat dilakukan melalui berbagai metode, baik itu internet banking, e-money, virtual account, EDC, dan yang terbaru adalah melalui platform e-commerce.

Adalah eCommerce Elevenia, sejak tahun 2015 telah dipercaya menjadi salah satu kanal untuk mengumpulan sedekah oleh Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa. Seiring dengan berkembangnya tren donasi digital, pada tahun 2017 ini Elevenia mengalami peningkatan jumlah partner lembaga donasi, hingga menjadi tujuh lembaga. Selain Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa, lima lembaga lain yang memberikan kepercayaannya kepada Elevenia adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Program Pembibitan Penghafal Al-Quran (PPPA) Daarul Qur’an, Aksi Cepat Tanggap (ACT), SOS Childrens Villages Indonesia, dan Baitul Maal Hidayatullah (BMH).

Diungkapkan Bayu S. Tjahjono, GM Brand & Strategy Elevenia, “Selama tiga tahun terakhir, Elevenia membuka kesempatan berdonasi dan berzakat kepada orang-orang yang kurang beruntung. Melalui program ini, kami ingin menjadi penghubung antara mereka yang memiliki dan mereka yang membutuhkan. Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan lembaga donasi. Seperti di tahun ini, kami menjadi e-commerce yang paling banyak berpartner dengan lembaga donasi dengan bergabungnya tujuh lembaga donasi besar di platform kami."

Pada tahun ini, ditambahkan Bayu, donatur yang ingin berzakat melalui Elevenia dapat memilih jenis sumbangannya. Di antaranya adalah Syiar Quran, Bingkisan Lebaran, Kado Lebaran bagi anak Yatim, hingga Paket Buka Puasa untuk anak Yatim, dengan tingkatan donasi mulai Rp 25 ribu hingga Rp 360 ribu.

“Kami berharap tahun ini donasi yang terkumpul di Elevenia bisa naik sampai lebih dari 2 kali lipat dibanding dengan tahun lalu. Jika dibanding dengan bulan-bulan biasanya, pengumpulan zakat dan donasi di bulan Ramadan bisa naik sampai hampir 4 kali lipat. Pada tahun ini, kami juga memberikan kemudahan bagi para donatur yang ingin berzakat dengan memilah donasi menjadi berbagai kategori harga dan pilihan paket," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)