Demam hijabers yang tengah terjadi di Indonesia, sejatinya merupakan peluang usaha yang menggiurkan bagi pelaku bisnis. Merujuk laporan State of the Global Islamic Economy Repot 2015 yang ditulis oleh Thomson Reuters dan Dinard Standard, Indonesia berada di urutan ketiga dari daftar konsumsi terbesar di dunia untuk Hijab.
Bahkan, selama beberapa tahun terakhir di negara seperti Indonesia dan Malaysia, telah terjadi lonjakan penggunaan hijab. Hasil survey juga mengungkapkan bahwa setidaknya terdapat sekitar 10 persen wanita menggunakan hijab dari seluruh populasi yang ada. Hal itu sejalan dengan apa yang dikatakan oleh Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian bahwa terdapat 20 juta penduduk Indonesia yang menggunakan hijab.
Fakta itulah yang membuat Wings Corporation, perusahaan penghasil produk-produk perawatan rumah dan perawatan tubuh, meluncurkan varian baru dari merek Fres & Natural. Tepat hari ini (27/10), merek spray cologne yang menyasar perempuan remaja dan anak muda aktif itu merilis varian Hijab Refresh di momen “Jakarta Fashion Week (JFW) 2018”. Tak tanggung-tanggung, Fres & Natural memutuskan untuk menjadi official fragrance pada ajang bergengsi tersebut.
Dikatakan Merry Christanty, Product Manager Fres & Natural, alasan lain diluncurkannya varian baru Hijab Refresh adalah lebih tingginya konsumsi cologne pada perempuan hijabers dibandingkan segmen lainnya. Pengguna hijab di Indonesia biasa menggunakan cologne 3-5 kali lebih sering dibanding perempuan yang tidak menggunakan hijab.
“Melihat potensi ini, kami hadirkan spray cologne pertama yang diciptakan khusus dengan teknologi yang dapat menyerap bau tidak sedap yang timbul karena hijab yang lembab. Kami menghadirkan empat varian berkarakter yang telah bersertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Keempat varian itu adalah Midnight Secret, Green Mirage, Cooton Dreams, dan Desert Queen,” paparnya.
Demi memperkenalkan varian barunya itu, Fres & Natural mengusung kampanye This is Me. Melalui kampanye itu, Fres & Natural mengajak perempuan Indonesia untuk jadi berkarakter dan percaya diri dengan karaketernya masing-masing, terutama dalam hal berbusana.
Pada peluncuran varian Hijab Refresh, Wings menggandeng perfumery internasional Givaudan untuk meracik fine fragrance kandungan Fres & Natural. “Kami telah menguji dan mengidentifikasi daftar bahan parfum yang mampu menutupi bau tak sedap seperti bau keringat. Sehingga tercipta teknologi MOC (Mal Odor Control) atau Formula Anti Odor yang dapat dipakai sebegai pencegah datangnya bau saat badan masih bersih dan juga menyerap bau ketika dipakai setelah berkeringat. Idealnya parfum digunakan di kulit, namun perempuan Indonesia sering menyemprotkan parfum ke kain juga. Tanpa menambahkan bahan-bahan kimia yang dapat merusak kain, produk ini tidak akan meninggalkan bekas di hijab,” terang Rina Djohari, Sales Director PT Givaudan Indonesia.
Pada perhelatan “Jakarta Fashion Week 2018”, Fres & Natural menghadirkan booth di atrium Senayan City agar pengunjung dapat merasakan secara langsung empat jenis wewangian Fres & Natural Hijab Refresh series. Bahkan, Fres & Natural juga menyediakan alat personality test yang dapat menunjukkan karakter pengunjung beserta photo booth yang dapat disesuaikan dengan karakter pengunjung.
Pada hari terakhir “Jakarta Fashion Week 2018”, Fres & Natural menggelar sesi talkshow dengan pengunjung, media, dan komunitas hijabers. Sejumlah pembicara yang dihadirkan antara lain Sivia Azizah, selebriti muda yang baru mengenakan hijab dalam tiga bulan terakhir.
“Kami berharap, dengan peluncuran empat varian baru Hijab Refresh Series, penjualan Fres & Natural dapat bertumbuh double digit,” tutup Merry, yang menyebutkan bahwa Fres & Natural adalah produk perawatan tubuh produksi Wingscare yang pertama kali hadir pada tahun 2002 dalam bentuk sabun batang dengan keharuman segar dari buah-buahan. Fres & Natural terus berkembang dan berinovasi dengan mengeluarkan produk cologne gel, spray, dan splash cologne di tahun 2003.