Cara Samsung Memenuhi Kebutuhan Segmen Premium Indonesia

Pasar elektronik di Indonesia, pada tahun 2016 lalu, masih tampak melesu. Pasarnya terpaksa turun 2,7%. Penurunan tersebut terjadi juga di pasar audio. Meski demikian, pasar produk soundbar menunjukkan kenaikan, yakni mencapai 23%. Oleh karena itu, tahun 2017 ini, Samsung memutuskan untuk makin serius menggarap pasar soundbar.

Dikatakan Harris, Product Marketing Manager PT Samsung Electronics Indonesia, masih sedikit para pemain yang serius menggarap pasar soundbar. Padahal, pasarnya sangat menjanjikan. Mengapa? Lantaran, menjanjikannya pasar soundbar atau aksesoris berupa produk audio-video sejalan dengan pertumbuhan pasar TV premium di Tanah Air. "Pasar TV premium di Tanah Air pertumbuhannya sangat signifikan. Bahkan, saat ini Samsung telah berhasil menjadi market leader, dengan menguasai 56,9% pasar TV premium di Indonesian," tegasnya.

Oleh karena itu, meski sudah memimpin pasar soundbar pada kuartal keempat (Q4) 2016 dengan penguasaan pasar hingga 78%, Samsung tetap serius menggarap pasar soundbar di tahun ini. Termasuk, menggarap pasar Blu-Ray Player. Pada Mei 2017 ini misalnya, Samsung meluncurkan dua produk soundbar sekaligus, yakni Soundbar Sound+ HW-MD65000 dan HW-MS65 yang dibandrol dengan harga Tp 6,5 juta hingga Rp 7,9 juta. Pada kesempatan itu, Samsung juga merilis Samsung UHD 4K Blu-ray Player dengan harga Rp 3,9 juta.

Tak hanya produk aksesoris untuk melengkapi TV premium saja yang diluncurkan Samsung pada Mei ini. Namun, Samsung juga meluncurkan produk TV premiumnya, Samsung QLED TV. Pada QLED TV, Samsung menawarkan sejumlah added value seperti teknologi Quantum Dot yang memberikan 100% volume warna yang sempurna dalam teknologi display. Dengan demikian, memungkinkan konsumen menikmati tampilan gambar yang menakjubkan, dengsn warns yang akurat dari sudut manapun dan dalam pencahayaan ruang apapun.

Guna memperkenalkan sekaligus menggenjot kedua produk tersebut, Samsung melancarkan strategi pemasaran dengan menggunakan kanal Above the Line, instore activation, digital activation lewat kampanye di Facebook dan Youtube, hingga pendekatan Public Relations (PR) lewat media gathering dengan mengundang lebih dari 50 ke Bali pada saat peluncuran ketiga produk baru tersebut.

"Untuk instore activation, kami menggelar consumer promotion berupa beli QLED TV, konsumen langsung memperoleh Samsung UHD 4K Blu-ray Player dan tiga film berformat Blu-ray. Sementara itu, jika konsumen membeli Blu-ray Player saja, mereka akan memperoleh satu film berformat Blu-ray," terang Harris.

(Bagaimana strategi Samsung menggarap segmen premium? Simak kupasan mendalamnya di Majalah Mix edisi Mei 2017 ini) (DWI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)