CAUSED RELATED MARKETING BRIGH FUTURE UNILEVER

Unilever membesut program Cause Related Marketing (CRM) di tingkat ritel yang berlangsung mulai 6 Oktober sampai 1 November 2016. Selama periode kampanye tersebut, setiap pembelian produk Unilever tertentu, yaitu Lifebuoy, Pepsodent, Blue Band, Domestos, Vixal dan Rinso di Hypermart, secara otomatis konsumen turut mendonasikan Rp500 untuk memperbaiki atau melengkapi fasilitas lima taman bermain.

Berada di bawah payung “BrightFuture” yang sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu, kampanye itu bertujuan untuk menggerakkan konsumen agar melakukan hal nyata untuk membangun masa depan yang cerah. Melalui kampanye “Selamat Tinggal Dunia Lama”, Sancoyo Antarikso, Governance and Corporate Affairs Director & Corporate Secretary PT Unilever Indonesia Tbk. (ULI) menyampaikan ajakan Unilever kepada masyarakat untuk meninggalkan cara pandang pesimistis dunia yang saat ini penuh dengan masalah dan bersama-sama membangun dunia baru yang lebih baik, khususnya bagi anak-anak. Dunia tempat anak bisa tumbuh di lingkungan yang lestari dan sehat serta menjalani masa kecilnya dengan gembira. “Kampanye ini merupakan salah satu pengejawantahan dari Unilever Sustainable Living Plan (USLP) yang merupakan strategi kami dalam menumbuhkan bisnis serta meningkatkan manfaat sosial positif untuk masyarakat,” paparnya.

Mengapa Unilever memilih konsep CRM untuk program ini? Maria Dewantini Dwianto, Head of Corporate Communications ULI mengungkapkan hasil penelitian terbaru Unilever Global menunjukkan bahwa 54% konsumen mau memilih produk yang diproduksi secara bertanggungjawab dan memiliki misi sosial. “Selain manfaat, harga dan kualitas, konsumen menginginkan produk yang membuat mereka merasa ikut terlibat dalam sebuah tujuan mulia,” ujarnya. Pemilihan keenam brand di atas, menurut Mia, dikaitkan dengan relevansi terhadap jenis kegiatan dan target audiens anak-anak sebagai pemegang kendali masa depan.

Penelitian lanjutan dari ULI juga mengungkapkan, dari jejak karbon yang ditimbulkan ULI dalam bisnisnya, 68% ternyata ada pada level konsumen. “Ini artinya, potensi konsumen untuk digerakkan dalam membuat perubahan itu sangat besar. Kami percaya kekuatan konsumen dan brand-brand kami akan mampu membuat perubahan positif bagi generasi mendatang,” lanjutnya.

Mengapa pula Hypermart yang dipilih sebagai mitra program? Jaringan yang luas di seluruh Indonesia, sudah tentu menjadi pertimbangan utama. Jaringan ritel di bawah grup MPPA itu memiliki 115 gerai di 64 kota, mulai dari Binjai sampai Jayapura dan Kupang. “Di sisi lain, secara tidak langsung program ini juga memberi edukasi smart consumer sehingga konsumen kami bisa ikut ambil bagian dalam kepedulian terhadap lingkungan,” ungkap Danny Kojongian, Director of Public Relations & Communication PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA).

Adapun lima taman bermain yang akan diperbaiki tersebar di lima kota di Indonesia yaitu di Jakarta, Bandung, Medan, Makasar dan Jogjakarta. Fasilitas yang akan diperbaiki atau dilengkapi mencakup fasilitas cuci tangan/tambahan edukasi cara cuci tangan, fasilitas toilet higienis/alat kebersihan, fasilitas bermain dan juga beberapa materi edukasi seperti mengenai nutrisi mau pun cara sikat gigi.

Sekadar mengingatkan, pada 2014 ULI juga membesut program CRM dengan mitra LotteMart dengan objektif perbaikan sanitasi masyarakat di Sumba NTT. Saat itu, untuk setiap pembelian produk Lifebuoy, Pepsodent, dan Domestos di Lotte Mart, konsumen otomatis berdonasi sebesar Rp 1,000. Program itu menitikberatkan pada edukasi di sekolah dasar dan pendidikan keluarga.

Dari sisi kinerja brand, Mia mengakui program CRM itu memberi dampak signifikan. Selama periode kampanye tersebut, divisi marketing mengungkapkan adanya kenaikan penjualan di ritel-ritel Lotte Mart. “Dan survei yang kami lakukan bersamaan dengan masa kampanye itu memperkuat keyakinan kami bahwa konsumen sebenarnya juga ingin memilih produk-produk yang memiliki misi sosial selain benefit fungsional,” tutupnya. (Nurur R. Bintari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)