MIX.co.id - Hyperlocal marketing, yang lebih terfokus pada pelanggan di area yang sangat spesifik, menjadi salah satu strategi yang tercatat efektif di masa pandemi. Hal itu dialami juga oleh UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang telah memanfaatkan ‘Dilayani Tokopedia’, gudang pintar berkonsep hyperlocal yang kini telah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Sejatinya, gudang pintar Dilayani Tokopedia adalah salah satu upaya Tokopedia untuk terus  membantu pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, untuk memaksimalkan penjualan dan sukses di pasar nasional. Langkah ini juga sebagai upaya Tokpedia mendorong pemulihan ekonomi nasional.

“Kami mencatat pengiriman barang terjauh di kuartal I 2022 melalui Dilayani Tokopedia adalah dari Kota Medan-Sumatera Utara ke Kabupaten Merauke, Papua. Transaksi Dilayani Tokopedia secara keseluruhan pun meningkat lebih dari lima kali lipat pada  kuartal pertama (Q1) 2022 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,”  papar Associate Vice President of Fulfillment Tokopedia Samuel Simanjuntak, dalam konferensi pers yang digelar virtual oleh Tokopedia pada hari ini (8/6).

Dilayani Tokopedia juga membuat masyarakat Indonesia lebih cepat dan efisien dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari. Pada Q1 2022, pengiriman barang tercepat melalui Dilayani Tokopedia adalah 10 menit sejak pemesanan hingga diterima oleh pembeli.

“Beberapa kategori dengan transaksi tertinggi lewat Dilayani Tokopedia pada Q1 2022 adalah Kesehatan, Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, Ibu dan Bayi, serta Rumah Tangga,” lanjut Samuel.

Lebih jauh ia menerangkan, Dilayani Tokopedia adalah salah satu wujud inisiatif Hyperlocal Tokopedia, yang membantu penjual menangani tantangan operasional bisnis seperti penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, serta penanganan jika ada kendala. 

Data internal Mei 2022 menunjukkan bahwa transaksi rata-rata para penjual setelah menggunakan Dilayani Tokopedia meningkat hampir empat kali lipat dibanding sebelum menggunakan Dilayani Tokopedia.

Amazara dan Toko Kopi Gayo merupakan contoh UMKM lokal yang telah memanfaatkan Dilayani Tokopedia dan merasakan dampak positif.

Amazara, UMKM Yogyakarta yang menjual berbagai alas kaki perempuan, telah bergabung di Tokopedia sejak Agustus 2017. Saat ini, Amazara memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jakarta dan Surabaya. 

Diceritakan Pemilik usaha Amazara Uma Hapsari, “Jangkauan pengiriman kami sejak menggunakan Dilayani Tokopedia meluas ke Papua. Jumlah pesanan di provinsi luar Pulau Jawa pun meningkat secara signifikan, dengan kenaikan tertinggi di Sulawesi Selatan, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Lampung.”

Setelah menggunakan Dilayani Tokopedia, lanjut Uma, pengelolaan stok lebih maksimal, pengemasan produk lebih aman, pesanan langsung dikemas dan lebih cepat diterima oleh pembeli, serta memberikan dirinya waktu lebih untuk fokus di pengembangan brand.  

Kisah sukses lainnya yang berhasil memanfaatkan Dilayani Tokopedia adalah Toko Kopi Gayo, UMKM Aceh yang menjual kopi specialty dengan harga terjangkau. UMKM ini telah bergabung di Tokopedia sejak Mei 2016. 

Dikisahkan Iwan Aramiko, Pemilik Toko Kopi Gayo, lokasi produksi dan penyimpanan produk yang ada di pedalaman Aceh menjadi tantangan pelayanan dan logistik. Ia akhirnya memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jakarta. 

“Sejak memanfaatkan Dilayani Tokopedia, Toko Kopi Gayo dapat menjaring pasar di Pulau Jawa dan Indonesia Timur. Tidak hanya ongkos kirim yang semakin terjangkau, produk juga bisa sampai di tangan konsumen lebih cepat dibanding kami kirim langsung dari Aceh. Bagi Toko Kopi Gayo, Tokopedia berada di urutan pertama dalam kontribusi terhadap omzet,” pungkas Iwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)