Cetak Talenta Digital Baru, Indosat Ooredoo Kembali Gelar “IDCamp 2021”

Indosat Ooredoo kembali meluncurkan program “Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) 2021”. Resmi diluncurkan secara virtual pada hari ini (7/5),  program IDCamp 2021 akan membagikan puluhan ribu beasiswa belajar coding secara daring yang sepenuhnya gratis dan inklusif. Objektifnya adalah untuk melahirkan talenta digital baru Indonesia yang siap langsung bekerja.

Melalui kurikulum pelatihan yang didesain sesuai kebutuhan industri global, IDCamp siap menyuplai kebutuhan talenta digital baru yang sangat dibutuhkan Indonesia saat ini, seperti developer mobile application, front-end, back-end, dan machine learning.

Dituturkan President Director and CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama, sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Indosat Ooredoo selalu berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam membangkitkan perekonomian nasional melalui pemanfaatan teknologi terbaru dan penguasaan keterampilan bahasa masa depan.

“Untuk menjawab tantangan itu, kami kembali meluncurkan IDCamp sebagai salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan di pilar Pendidikan Digital. Kami percaya lulusan IDCamp akan menguasai hard skill coding berstandard global, yang ditunjang dengan soft skill etos kerja yang sangat dibutuhkan dalam berkarir di industri digital saat ini,” katanya.

Lebih jauh ia menerangkan, dalam dua tahun pertama penyelenggaraan, IDCamp berhasil mendapatkan antusiasme tinggi dari anak muda Indonesia. Dari target awal sebanyak 10 ribu peserta per tahun, tercatat sudah ada 64.710 peserta yang mengikuti kelas pelatihan IDCamp secara daring pada tahun 2019 dan 2020. Itu artinya, lebih dari 3 kali lipat dari yang ditargetkan. Sebanyak 1.318 di antaranya merupakan developer dengan disabilitas dan 22,9% di antaranya adalah developer perempuan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, IDCamp 2021 hadir dengan tambahan 2 alur belajar developer dan 1 kelas khusus Augmented Reality (AR) Creator. Peserta IDCamp 2021 juga bisa mendapatkan sertifikat global dengan 5 level keahlian, mulai dari tingkat dasar, pemula, menengah, ahli, dan profesional di 7 bidang pemrograman, yaitu Android, Front-End Web, iOS, Machine Learning, Back-End, Multi Apps Platform, dan AR Creator.

Batas waktu pendaftaran beasiswa adalah mulai 7 Mei sampai dengan 21 Juli 2021. Setelah sukses terdaftar, peserta bisa langsung memulai pelatihan tingkat dasar dan pemula secara online sampai dengan 28 Juli 2021. Sementara itu, untuk pelatihan online tingkat menengah sampai profesional, akan dimulai sejak 4 Agustus 2021 sampai dengan 11 Mei 2022.

Tak hanya pelatihan daring, IDCamp 2021 juga akan memberikan beasiswa belajar coding khusus melalui pelatihan tatap muka secara virtual. “Guru SMA/SMK dan developer dengan disabilitas terpilih akan diajarkan materi pemrograman Front-End Web oleh master trainer yang sudah memiliki sertifikat developer tingkat ahli. Rencananya, pelatihan beasiswa khusus tersebut akan digelar pada bulan November dan Desember 2021,” tutup Ahmad yang menyebutkan bahwa pendaftaran IDCamp 2021 dapat dilakukan melalui situs web resmi idcamp.indosatooredoo.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)