Cetak US$ 23 Miliar, Ini 7 Fakta Menarik di Kampanye 11.11 JD.Com

Festival belanja online Single Day atau lebih dikenal dengan perayaan 11.11 di China merupakan salah satu pesta belanja online terbesar di dunia. Sepanjang perayaan itu, nilai transaksi belanja online di China melonjak sangat signifikan. Bahkan, volume transaksi mampu tembus hingga puluhan miliar dolar.

Pada perayaan single day tahun ini misalnya, salah satu e-Commerce terbesar di China yang juga rival terdekat Alibaba, yakni JD.Com, mampu mencetak volume transaksi sekitar US$ 23 miliar mulai dari  1-11 November 2018.

Yang menarik dicermati pada program 11.11 kali ini, menurut Lei Xu selaku CMO JD.Com dan CEO JD Mall, jumlah konsumen yang membeli produk-produk impor dan bermerek mengalami peningkatan. Sebut saja, merek-merek global seperti Apple, Dell, Dyson, L'Oreal, dan SK-II. Selain itu, produk dari Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Belanda, dan Korea Selatan juga terbukti sangat popular dan diminati.

Ditambahkan Jianwen Liao, Chief Strategy Officer JD.Com, "Kami melihat, ke depan, ritel berkonsep ritel tanpa batas. Itu artinya, kami harus mampu membawa konsumen ritel tanpa batas dengan cara yang benar, di mana mereka dapat membeli apapun yang mereka inginkan, kapanpun, dan di manapun mereka menginginkannya."

Pada perayaan kali ini, JD.Com mengembangkan games baru yang inovatif. Misalnya, untuk mendorong dan menarik lebih banyak konsumen berkunjung ke gerai offline, maka JD.Com menghadirkan platform mini-program WeChat. Dalam permainan itu, pengguna diberikan poin berdasarkan jumlah langkah yang mereka ambil pada saat mengunjungi gerai fisik yang menjadi partner JD. Dengan mengunjungi toko offline, mereka juga bisa mendapatkan langkah tambahan yang dapat ditukar dengan produk dan hadiah. Lebih dari 200.000 toko dan 200 merek mengambil bagian selama periode promo tersebut.

Sementara itu, ada tujuh fakta menarik yang menarik dicermati pada Perayaan 11.11 tahun ini, yang digelar JD.Com. Berikut ini kelima faktanya.

Pertama, penjualan fresh food meningkat dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Ada lebih dari 29.500 ton barang seperti daging, sayuran, buah, dan makanan laut yang terjual pada perayaan 11.11 kali ini. Lobster Kanada misalnya, mampu terjual 12 ton. Selanjutnya, ada lebih dari 2.800 ton daging yang terjual dan lebih dari 2 juta cup yogurt yang berhasil terjual. JD.Com sendiri telah menjual fresh food secara online di JD Fresh sejak tahun 2012.

Kedua, untuk produk fast moving consumer goods (FMCG), JD.Com telah menjual lebih dari 400 juta item produk FMCG dan foods. Bahkan, 80 juta kondom terjual pada periode tersebut.

Ketiga, sejumlah merek kecantikan yang paling laku di single day tahun ini. Di antaranya,  L'Oreal, SK-II, Chando, dan Olay. Sementara itu, merek contact lense Johnson&Johnson serta Acuve Define mampu terjual 4,3 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Keempat, di kategori elektronik,  produk proyektor Full HD mampu terjual hingga tiga kali lipat jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Begitu juga dengan produk monitor yang sanggup terjual hingga dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Adapun tiga merek mobile phone terpopular adalah Apple, Huawei, dan Xiaomi.

Kelima, di kategori produk rumah tangga (home appliances), produk coffee makers terjual dua kali lipat jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Yang menarik, penjualan produk high-end home appliances meningkat hingga empat kali lipat. Antara lain, produk kulkas pintar yang berlayar besar, robotic vacuum cleaners, hingga kursi pijat.  Bahkan, kulkas dan mesin cuci mampu terjual 300 juta yuan dalam tiga menit, TV terjual 100 juta yuan dalam 36 detik, dan AC terjual 100 juta yuan dalam 40 detik.

Keenam, produk travel dan lifestyle juga tercatat laris manis pada Perayaan 11.11 tahun ini. Terjadi kenaikan penjualan untuk tiket penerbangan internasional sebesar 158% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Ketujuh, di kategori fashion, penjualannya mencapai 100 juta yuan hanya dalam kurun waktu satu menit. Bahkan, penjualan di platform belanja online luxury brand milik JD.Com, TOPLIFE, mampu meningkat 14 kali lipat dibandingkan periode yang sama pada Juni 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)