Market produk kecantikan, khususnya perawatan kulit (skin care) di Indonesia akan terus mengalami pertumbuhan. Data Euromonitor International bertajuk “The Future of Skin Care” menyebutkan, total pasar skin care Indonesia akan mencapai lebih dari US$ 2 miliar pada tahun 2019.
Gurihnya bisnis skin care tersebut membuat Galderma yang merupakan bagian dari Nestlé Skin Health, menggandeng retail modern untuk meluaskan pemasaran rangkaian produk skin care Cetaphil di Indonesia.
Dengan pengalamannya selama lebih dari 70 tahun di bidang perawatan kulit, kata Brand Manager Cetaphil Indonesia Chaerun Nisa Putri, Cetaphil kini hadir lebih dekat dengan masyarakat Indonesia.
“Kami menggandeng jaringan retail Watson, Guardian dan Century di kota-kota besar untuk pemasarannya,” ujar Ninis, sapaan akrabnya, dalam konferensi pers bertema “Skin is Your Envelope, Tiga Langkah Temukan Kulit Sehatmu dengan Cetaphil” di Jakarta, Selasa (25/4). Acara menghadirkan dermatologis Edwin Tanihaha.
Sejak tahun 1961 hingga saat ini, Galderma telah ada di lebih dari 100 negara dengan berbagai rangkaian produk untuk perawatan kulit. Alasan Cetaphil hadir di sini, diakuinya karena Indonesia adalah pasar yang potensial untuk produk skin care. Ditenggarai dengan populasi penduduk yang besar, yakni 250 juta dimana jumlah terbesarnya adalah perempuan.
Selain itu, Indonesia beriklim tropis yang cenderung berdampak pada kesehatan kulit. “Oleh sebab itu, strategi edukasi Cetaphil berfokus pada upaya menjaga dan merawat kesehatan kulit,” imbuhnya.
Ada tiga varian Cetaphil yang dipasarkan, yaitu Cetaphil Gentle Skin Cleanser ®, yaitu pembersih kulit tanpa busa dan dapat digunakan dengan atau tanpa air, serta aman untuk segala jenis kulit ; Cetaphil DailyAdvance® Lotion untuk mencegah kulit kering; dan Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15 agar kulit senantiasa terlindungi.
Penyanyi Andien Aisyah selaku brand ambassador Cetaphil mendukung langkah penetrasi ke pasar Indonesia. Pasalnya, dia harus membeli ke Singapura, Australia atau lewat e-commerce untuk mendapatkan Cetaphil. “Sekarang tidak perlu repot lagi karena produknya sudah ada di sini,” aku Andien.
Untuk menggaet konsumen, Cetaphil bekerja sama dengan Sociolla meluncurkan Cetaphil X Sociolla Beauty Box with Andien Aisyah. Sociolla akan menjual 1.500 beauty box dari tanggal 23 April - 31 Mei 2017.
Edukasi ke target konsumen, tak pelak dilakukan melalui event talkshow dengan menghadirkan para pakar dermatologi ke kantor-kantor. “Tahun 2016 lalu, kita edukasi ke kantor seperti Nestle dan AXA,” papar Ninis.
Untuk tahun ini, edukasi dilakukan dengan memanfaatkan moment seperti bulan puasa Ramadhan, yakni memberikan tips-tips menjaga dan merawat kesehatan kulit saat puasa, yang kemudian disebarluaskan melalui platform digital seperti Facebook dan Instagram.