Tahun 2025, ditandai pula dengan tren kebangkitan agen AI. Agen AI merupakan evolusi berikutnya dalam lanskap AI, yang diprediksi akan tumbuh pesat.
Perusahaan akan fokus pada fungsionalitas agen AI untuk menganalisis sentimen secara real time dan menyesuaikan rekomendasi bagi pelanggan sekaligus menyediakan dukungan multibahasa 24/7. Dari sisi bisnis, penggunaan agen AI akan mencakup peningkatan efisiensi operasional dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
Tren selanjutnya adalah evolusi marketing technology (martech) dari tumpukan teknologi tetap (fixed tech stack) ke kartografi yang hidup.
Lanskap martech berubah dengan cepat untuk memenuhi permintaan baru, namun sebagian besar bisnis masih beroperasi dengan tumpukan teknologi yang kaku dan terfragmentasi, yang terdiri dari tool tradisional yang terpisah. Hal ini menjadi tantangan bagi pemasar karena kegagalan satu tool dapat memicu efek domino yang menyebabkan masalah di seluruh tumpukan.
Untuk mengatasi hal ini, konsep “kartografi hidup” menawarkan potensi besar. Berbeda dengan stack tradisional, konsep ini memberikan ekosistem dinamis dan saling terhubung, di mana tool beradaptasi dan berkembang secara real-time.
Pendekatan ini mendukung pertukaran data yang mulus dan mengurangi risiko kegagalan di sistem secara keseluruhan dengan meminimalkan ketergantungan antar tool. Bagi pemasar, pergeseran ini berarti lebih banyak kelincahan dalam memenuhi tuntutuan yang terus berkembang dari preferensi pelanggan yang terus berubah.
CleverTap dalam laporannya juga mengungkapkan tren 2025 yang menyebutkan bahwa retensi pelanggan lebih penting daripada akuisisi. Situasi ekonomi dan geopolitik saat ini serta pergeseran prioritas pelanggan, telah meningkatkan tantangan dalam memperoleh pelanggan baru, membuat proses ini semakin mahal.
Perusahaan kini telah menyadari nilai dari loyalitas pelanggan dibandingkan pandangan “pertumbuhan dengan segala cara” dan industri sekarang lebih fokus pada retensi pelanggan sebagai prioritas strategis. Selain hiper-personalisasi, merek akan terus berinovasi dalam program loyalitas dan insentif mereka untuk memenuhi harapan pelanggan.
“Di CleverTap, kami tetap berkomitmen untuk membimbing bisnis melalui perubahan ini, memberdayakan mereka untuk meningkatkan kapabilitas dan membangun hubungan,” tandas Joe harahap. ()
Page: 1 2Lihat Semua
Ketika para kolonis Amerika membuang peti-peti teh ke laut dalam Boston Tea Party, mereka bukan…
MIX.co.id – Mengawali tahun 2025, NEO hormoviton menghadirkan NEO hormoviton Power Up Challenge, kegiatan yang…
MIX.co.id – UOB Indonesia menjalin kerja sama dengan PT LOTTE Mart Indonesia dan PT LOTTE…
MIX-co.id - Regal Springs Indonesia (PT Aqua Farm Nusantara) berkolaborasi bersama Direktorat Jenderal Penguatan Daya…
Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI) Dr. dr. Sally…
MIX.co.id - Perusahaan edukasi teknologi di Indonesia, Dicoding, menggelar "Dicoding Connect 2025: Indonesia’s Tech Education…