MIX.co.id – Di lanskap aplikasi yang kompetitif saat ini, brand menghadapi tekanan untuk menyediakan pengalaman pengguna yang lebih terpersonalisasi. Tercermin dari fakta bahwa 50% pengguna (user) menghapus satu aplikasi dalam 30 hari dan 25% akan mengabaikannya hanya setelah satu kali penggunaan.
Fakta tersebut didukung oleh hasil riset McKinsey. Riset menemukan bahwa drop-off sebesar 70% yang mengejutkan ini disebabkan oleh pengalaman penggunaan aplikasi yang di bawah rata-rata, sementara 76% pelanggan merasa frustasi saat brand gagal menyediakan interaksi yang lebih personal.
Mengatasi hal tersebut, CleverTap, platform all-in-one engagement, meluncurkan Product Experiences, one-stop solution untuk bereksperimen dengan mudah dan meningkatkan pengalaman pelanggan di seluruh web dan aplikasi.
Dengan pendekatan no-code, UI yang ramah pengguna, dan kemampuan dan analitik segmentasi tingkat lanjut, Product Experiences memungkinkan manajer produk dan pertumbuhan mempersonalisasi serta mengoptimalkan pengalaman pengguna aplikasi dan situs web dengan mudah.
Anand Jain, Co-Founder dan Chief Product Officer, CleverTap mengatakan, Product Experience menjawab berbagai pain point di industri ini dengan memberdayakan bisnis untuk mengontrol pengalaman aplikasi dan web mereka dengan ketergantungan teknis minimum.
“Product Experience ini terbukti menjadi platform yang lengkap untuk kesuksesan digital engagement di masa depan,” ujarnya dalam keterangan pers, Jumat (13/9), di Jakarta.
Anand menambahkan, solusi baru ini memungkinkan manajer dan marketer produk berkolaborasi dengan lancar dan melakukan eksperimen dengan mudah.
Komponen utama Product Experience adalah Remote Config dan Product A/B Testing. Remote Config memudahkan marketer dan manajer produk memetakan fungsi aplikasi dan web untuk menghasilkan interface Remote Config yang lebih ramah pengguna sehingga bisa dikontrol dan dipersonalisasi dengan lebih lancar untuk pengalaman pengguna yang lebih baik.
Marketer dan manajer produk dapat membuat segmen yang tepat dengan zero-code dan mengesampingkan nilai variabel untuk merancang pengalaman yang sesuai bagi audiens tertentu secara langsung dari dasbor CleverTap.
Sedangkan Product A/B Tests, para marketer bisa mengatur eksperimen dengan sejumlah varian terkait dengan UI, fungsi dan alur kerja. Melalui pengukuran hasil yang presisi berdasarkan key performance indicators (KPIs), bisnis bisa menganalisa performa dengan analitik yang mendetail dan menjalankan versi yang paling berhasil bagi basis pengguna mereka.
“Hal ini akan mendorong efisiensi operasional, memastikan bisnis Anda tetap lincah dan responsif terhadap permintaan pasar,” tandas Anand Jain. ()