Clozette Raih Investasi US$ 10 Juta dari Cool Japan Fund

Perusahaan social content marketing, Clozzette, pada hari ini (26/6) resmi mendapatkan investasi dari Cool Japan Fund, berupa Series C Funding sebesar US$ 10 juta. Cool Japan Fund dikenal sebagai sebuah badan pemberi dana swasta di bawah Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang.

Series C Funding yang diberikan oleh Cool Japan Fund itu dilakukan berdasarkan periode pertumbuhan dan profitabilitas Clozette yang pesat. Tahun 2018, pertumbuhan pendapatan Clozetter mencapai lebih dari 140%. Pertumbuhan bisnis itu didukung oleh tingginya kontribusi market Clozette Indonesia, yaitu sebesar 200%, dimana Indonesia negara terbesar ke-4 di dunia dengan populasi millennials-nya sangat tinggi.

Rencananya, dengan pendanaan itu, Clozette dan Cool Japan Fund akan menghadirkan kanal khusus dalam platform Clozette. Pada kanal khusus tersebut akan disajikan aneka konten tentang Jepang. Diungkapkan Roger Yuen, Founder & Chief Executive Officer Clozette Pte Ltd, “Bersama dengan Cool Japan Fund, kami akan menciptakan Cool Japan Ecosystem multibahasa yang menawarkan beragam konten ‘Cool Japan’ yang menarik dan mudah dibeli.”

Selain itu, kanal Cool Japan Ecosystem juga akan memadukan antara keunikan konten storytelling Clozette dan beragam talenta berpengaruh untuk menarik perhatian pecinta budaya Jepang di Asia dan sekitarnya. “Sebagai bagian dari Clozette Indonesia, ekosistem interaktif ini mengakomodasi masyarakat Indonesia untuk ikut serta dalam pengalaman cool culture ini,” lanjutnya.

Lebih lanjut Roger menerangkan bahwa Cool Japan Ecosystem diluncurkan pada Juni 2019 sebagai platform omni-channel. Oleh karena itu, Cool Japan Ecosystem hadir sebagai penyedia kreasi konten sosial dengan fitur berbelanja yang akan didukung oleh beberapa e-commerce dan partner lain. “Konten dalam ekosistem ini akan secara spesifik membahas kecantikan, busana, pariwisata, dan gaya hidup terkini ala Jepang,” urainya.

Ditambahkan Yuji Kato, Chief Operational Officer dan Chief Investment Officer Cool Japan Fund, “Sejak awal kami menyadari bahwa DNA dari Clozette sangat sesuai dengan misi Cool Japan Fund untuk mempromosikan kultur fashion, kecantikan, kuliner, pariwisata, dan gaya hidup Jepang ke kancah internasional. Kami tekesan dengan visi dan kemampuan tim manajemen Clozette dalam memahami keinginan pembaca dan menyajikan konten yang sesuai dan menarik. Kami melihat Clozette Indonesia memiliki demografik konsumen yang berpotensi sangat besar untuk mendukung keberhasilan Cool Japan Ecosystem.”

Rolly Pane, Country Manager of Clozette Indonesia, menjelaskan bahwa Clozette menciptakan strategi pembuatan konten storytelling yang dipadukan dengan otentikasi editorial yang disesuaikan dengan keinginan pembaca. Sejak 2010, Clozette berhasil berkembang dengan pesat dan telah tersebar di empat negara di Asia Tenggara dan Jepang.

“Platform Clozette juga mengusung konsep user generated content, dimana pembaca atau pengunjung dapat berbagi konten. Selain itu, kami juga rutin menggelar berbagai kegiatan offline bersama komunitas. Konten yang kami hadirkan di Clozette adalah fashion, hijab, beauty, dan lifestyle. Platform Clozette juga mempertemukan antara brand dengan konsumennya. Oleh karena itu, sejumlah brand telah memanfaatkn platform Clozette, di antaranya Bango, Sunlight, Samsung Dancow, dan sebagainya,” Rolly menutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)