MIX.co.id - Studi yang dirilis Jakpat pada Maret 2023 mengungkapkan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia lebih memilih menyiapkan hidangan berbuka sendiri di rumah. Hasil survei menunjukkan bahwa 88% responden memasak sendiri untuk berbuka, sedangkan 53% memilih membeli makanan secara take away, dan 33% memesan melalui layanan pengantaran online.
Tren itu menunjukkan bahwa meski memasak di rumah tetap menjadi pilihan utama, tetapi variasi menu berbuka juga menjadi perhatian, terutama bagi mereka yang mulai merasa jenuh dengan hidangan yang sama setiap tahunnya. Sayangnya, kurangnya inspirasi atau akses ke resep baru seringkali menjadi tantangan bagi sebagian orang dalam mencari ide menu berbuka, terutama karena keterbatasan informasi.
Menyikapi hal itu, Dairy Champ mengajak masyarakat untuk merasakan manisnya kebersamaan Ramadan dengan menghadirkan berbagai kreasi menu berbuka puasa dalam kampanye #RasaKemenangan.
"Menyiapkan menu berbuka yang bervariasi setiap hari sering menjadi tantangan, terutama bagi ibu rumah tangga yang ingin menyajikan hidangan praktis namun tetap lezat untuk keluarga. Dairy Champ melakukan polling di media sosial yang diikuti lebih dari 100 responden dan hasilnya terungkap bahwa 97% responden lebih memilih berbuka dengan hidangan ringan, dan 76% di antaranya menyukai makanan manis. Menjawab kebutuhan ini, kami menghadirkan 16 inspirasi kreasi menu Ramadan melalui kampanye #RasaKemenangan, yang kami kreasikan untuk membantu para ibu menciptakan hidangan istimewa dan menjadikan momen berbuka lebih bermakna," papar Marketing Manager PT Etika Beverages Indonesia Dodi Afandi, pada konferensi pers yang digelar hari ini (28/2), di Jakarta.
Untuk menghadirkan kreasi menu #RasaKemenangan, Dairy Champ berkolaborasi dengan Chef Jerry Andrean, Juara MasterChef Indonesia Season 7. "Saya sangat senang bisa berbagi resep takjil Bola Creamy Juara. Perpaduan susu skim dan buttermilk dari Dairy Champ memberikan rasa creamy yang khas, menambah kelezatan hidangan ini. Teksturnya yang lembut dengan manis yang pas membuatnya cocok sebagai inspirasi, baik bagi ibu rumah tangga maupun pelaku bisnis kuliner, dalam menciptakan menu berbuka yang istimewa," ceritanya.
Untuk menghadirkan lebih banyak inspirasi bagi masyarakat, Dairy Champ membagikan berbagai resep menu juara melalui laman Instagram @dairychamp.id. Selain itu, Dairy Champ juga mengajak masyarakat untuk berkreasi melalui Dairy Champ Ramadan Recook Competition, di mana peserta dapat menciptakan menu #RasaKemenangan dengan produk Dairy Champ dan berkesempatan memenangkan hadiah total Rp30 juta untuk 11 pemenang.