DBS Raih Predikat "Global Bank of the Year"

Sukses menyisihkan berbagai bank pesaing dari seluruh dunia, akhir tahun ini, Bank DBS berhasil menyabet predikat Global Bank. Penghargaan tertinggi itu diterima DBS di ajang Bank of the Year Awards 2018, yang diselenggarakan oleh The Banker.

Brian Caplen, Editor The Banker, menegaskan, "DBS layak meraih penghargaan Global Bank of the Year dari The Banker. DBS adalah pemimpin dunia dalam transformasi digital dan telah berhasil menunjukkan bagaimana bank harus mengubah budaya serta teknologi untuk menghadapi ancaman terhadap bisnis mereka dari perusahaan teknologi besar."

Penghargaan tersebut menambah deretan penghargaan internasional yang telah diraih DBS di tahun ini. Saat ini, DBS telah meraih dua penghargaan bank global terbaik secara bersamaan, yakni meraih gelar Best Bank in the World dari Global Finance pada bulan Agustus 2018 serta penghargaan World’s Best Digital Bank dan World’s Best Bank for SMEs dari Euromoney.

Ditambahkan Piyush Gupta, CEO DBS, "Memenangkan penghargaan Global Bank of the Year adalah puncak dari setahun penuh penghargaan global untuk DBS. Ini adalah bukti kami tidak hanya kuat di Asia, tetapi juga di antara pemimpin perbankan di seluruh dunia."

Lebih lanjut ia menjelaskan, program transformasi digital DBS dimulai pada tahun 2014 dan sekarang diakui oleh sesama industri global sebagai salah satu program transformasi digital paling komprehensif untuk bank, meliputi transformasi digital menyeluruh, pemahaman atas pengalaman pelanggan (journey thinking), perubahan budaya, dan metodologi untuk mengukur dampak finansial digitalisasi. "DBS telah menikmati returns on equity (ROE) atau pengembalian ekuitas lebih tinggi, dan memproyeksikan ROE mencapai 13%," katanya.

Pada tahun 2018, DBS merambah industri chatbot melalui "Foodster", chatbot ritel pertama yang dikelola bank di Asia Tenggara. DBS juga memperkenalkan pasar konsumen untuk mobil, properti dan listrik, dan tahun lalu meluncurkan Smart Buddy POSB -- program tabungan dan pembayaran pertama di dunia yang menggunakan peralatan elektronik yang dapat dikenakan oleh murid sekolah.

Sementara itu, terkait program keberlanjutan, DBS Foundation juga memberikan bimbingan kepada wirausaha sosial di seluruh wilayah Asia. DBS Foundation meluncurkan program DBS Social Enterprise Support pada bulan Oktober 2018, bersamaan dengan edisi ketiga Social Enterprise Summit.

Bahkan, tahun ini, DBS juga menjadi bank pertama di Asia Tenggara yang dimasukkan ke dalam Dow Jones Sustainability Index (Asia Pacific), serta ke dalam FTSE4Good Global Index untuk kali kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)