Berawal dari omset jutaan rupiah di tahun 2010 silam, kini event organizer Kreasi Alam Inspirasi sudah sanggup mencetak omset belasan miliar rupiah. Sukses Kreasi Alam Inspirasi, salah satunya karena konten event yang dihadirkan senantiasa bermuatan kreatif dan mengandung corporate value. Seperti apa?
Event organizer (EO) memang selalu menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Terbukti, hampir semua perusahaan memiliki kegiatan perusahaan atau aktivasi merek yang perlu penanganan serius. Untuk itu, perusahaan memerlukan mitra, dalam hal ini EO, untuk dapat membantu penyelenggaraan kegiatan tersebut.
Sayangnya, menurut Pendiri sekaligus CEO PT Kreasi Alam Inspirasi Deviana Ike Prihartanti, stigma bahwa EO hanyalah pekerjaan subkontrak atau eksekutor semata tanpa memikirkan konten event-nya, masih tertanam lekat di benak klien. “Untuk itu, saya bersama suami (Dedi Suhendi--red) memutuskan mendirikan EO dengan added value full services. Artinya, kami membesut event from A to Z. Mulai dari memikirkan konsep dan konten event, eksekusi, hingga evaluasi berupa report yang komprehensif dan transparan,” papar Ike.
Target market yang dipilih Ike pun terhitung segmented, yakni kegiatan internal perusahaan antara lain seminar berskala nasional, pelatihan, corporate gathering atau corporate tour, gala dinner, team building, hingga family gathering. Sebagai EO yang memiliki spesialisasi membesut event internal perusahaan, diakui ike, bukan tanpa alasan. Lantaran, sebagian personil tim Kreasi Alam Inspirasi memiliki latar belakang sebagai instruktur atau trainer outbond.
Diceritakan Ike, saat awal pendirian, Kreasi Alam Inspirasi hanya mengerjakan event kecil perusahaan yang berdurasi setengah hari. Tahun 2011, Ike dan tim akhirnya dipercaya menggarap dua event. Salah satunya adalah event besar milik Kementerian Perdagangan. Event Fun Bike dengan jumlah 7.500 peserta dan dihadiri oleh Menteri Mari Elka Pangestu rupanya sukses dibesut oleh Ike dan tim.
“Sejak saat itu, saya makin percaya diri untuk serius membesarkan bisnis EO ini. Suami yang tadinya masih bekerja di Mayora Gorup pun akhirnya memutuskan untuk sama-sama membesarkan bisnis kami,” ujar kelahiran Tanggerang 23 Desember itu mengenang.
Keseriusan Ike dan suami pun berbuah manis. Tahun 2012, jumlah event yang ditangani mencapai lima event. Berikutnya, tahun 2013, Kreasi Alam Inspirasi membesut 8 event. Memasuki tahun 2014, event yang ditangani melonjak menjadi 20 event. Tahun 2015 ini, di tengah perusahaan mengalami penurunan kinerja—bahkan rontok akibat perlambatan ekonomi—Kreasi Alam Semesta justru tetap dipercaya menangani 20 event. “Dengan jumlah dan skala event yang besar, omset kami saat ini sudah mencapai belasan rupiah,” tambahnya.
Tak tanggung-tanggung, perusahaan yang mempercayakan event internal perusahaan kepada tim Kreasi Alam Inspirasi tergolong perusahaan besar dan ternama. Sebut saja perbankan seperti Bank BRI, Mandiri, BJB, dan Muamalat. Sementara itu, di kelompok kementerian dan BUMN, ada Kementerian Pariwisata dan Kreatif, Kementerian Perdagangan, Kementerian Tenaga Kerja, Pertamina, Badan Pengawas Komoditi Berjangka, Badan POM, hingga Pembangkit Jawa Bali. Di perusahaan swasta, Ike dan tim dipercaya membesut event Indosat, Bayer, Mitsubishi, dan masih banyak lagi.
Diyakini alumni S2 Manajemen Pemasaran Universitas Trisakti itu,...