MIX.co.id - DEEP (Digital Entrepreneur Empowerment Program) adalah salah satu program pemberdayaan UMKM yang bertujuan memberikan pelatihan dan pemahaman mengenai dunia ekonomi digital serta pendampingan bagi wirausaha dalam mengembangkan usaha melalui strategi digital marketing.
Target audiens dari program tersebut adalah 100 anak muda berusia 18-35 tahun yang berdomisili di Padang, Sumatera Barat, warga asli Kota Padang, atau mereka yang berkuliah di Perguruan Tinggi Padang. Mereka juga harus berkomitmen untuk terlibat penuh dalam program selama kurang lebih 8 bulan; sedang menjalankan bisnis skala mikro yang telah berjalan minimal 6 bulan; serta memiliki bisnis yang dapat di-level up secara digital untuk meningkatkan pertumbuhan bisnisnya.
Objektif dari program ini adalah meningkatkan keterampilan bisnis secara digital, terutama pemanfaatan pemasaran digital, pengelolaan media sosial untuk bisnis, optimasi marketplace dan analisa data agar peserta program dapat lebih mengembangkan usahanya. Selain itu, untuk memberikan dukungan yang berkelanjutan bagi peserta program melalui mentoring, coaching, dan konsultasi bisnis. Termasuk, menghubungkan para pemangku kepentingan yang memiliki program di bidang pengembangan UMKM agar dapat berkolaborasi untuk mewujudkan ekosistem kewirausahaan yang sehat dan berkelanjutan.
Sementara itu, sebagai program keberlanjutan dan untuk mendukung pengembangan kecakapan digital masyarakat Kota Padang, Mandala Finance menghibahkan infrastuktur digital berupa 25 unit komputer dan 1 unit router guna mengoptimalkan fasilitas Community Digital Learning Center milik Pemerintah Kota Padang di Bagindo Aziz Chan Youth Center.
Hasilnya, program DEEP telah memberikan dampak kepada para peserta. Di antaranya, kenaikan total omzet bisnis 51 peserta meningkat 64,8%; kenaikan total aset bisnis 51 peserta meningkat 23,4%; kenaikan total konsumen bisnis 51 peserta meningkat 73,3%; dan kenaikan total transaksi penjualan 51 peserta meningkat 92,2%. Program ini pun berhasil meraih predikat Good di ajang “Indonesia PR Program of The Year 2024” (JudgesReview) untuk kategori ESG Campaign dan berada di urutan ketiga Engagement Index (hasil Data Crawling).