Pandemi tak menghalangi kegiatan pameran atau ekshibisi terhenti. Berbagai inovasi dilakukan agar kegiatan ekshibisi tetap berlangsung. Salah satunya, program “Indonesia Virtual Fair 2021” (Indo V-Fair 2021) yang digelar pada 16 April hingga 15 Juni 2021.
Dijelaskan Ronald Kamijaya, CEO & Founder Kami Virtual Venue, "Kami terus mencoba berinovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi terkini guna menciptakan kinerja dan kreativitas tanpa batas, meski kondisi ekonomi nasional masih belum bangkit selama pandemi Covid-19. Tetapi, kami yakin semangat dan keinginan untuk terus berkegiatan membantu masyarakat bangkit dari keterpurukan.”
Indo V-Fair 2021 adalah perhelatan akbar yang memadukan belanja, jalan-jalan, dan hiburan dalam dunia virtual. Mengusung tema "Experiencing is believing", Ronald percaya akan tetap bisa menghadirkan atmosfer Pekan Raya pertama dalam bentuk virtual.
Pameran virtual ini dapat diakses melalui gadget dengan experience yang tidak jauh beda dengan pekan raya sebelum pandemi. “Kami yakin konsep virtual event dapat menjaga kelangsungan hidup penggiat event di Indonesia. Kami berharap Indo V-Fair ini menjadi penggerak perekonomian Indonesia untuk pengusaha besar dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah),” ujar Ronald yang menyebutkan bahwa Indo VFair 2021 ini bisa mengakses situs www.kamivirtualvenue.
Lebih jauh ia menerangkan, Indo V-Fair 2021 merupakan pameran virtual terbesar di Indonesia, dengan menyediakan 1.110 slot untuk para tenant yang berpartisipasi di dalam pameran. Ini juga merupakan sebuah terobosan pertama di Indonesia dengan mengadopsi fitur FPV (First Person View), untuk mengoptimalkan pengalaman menjelajah dunia virtual yang bisa di akses melalui aplikasi di gadget.
Indo V-fair memiliki total luas lahan 25 Hektar, dan dibagi menjadi beberapa area dan cluster. Setiap clusternya terdiri dari beberapa booth template dengan desain kekinian, yang juga bisa di-custom sesuai dengan karateristik masing-masing tenant.
“Untuk e-commerce partner, kami menggandeng Blibli. Sejumlah brand besar juga ikut bergabung. Antara lain, Orang Tua Group, Mayora (flavacino), Adakom, Cordlife, Holiwings, Geprek Bensu, Finnafood, dan banyak lagi. Total peserta mencapai lebih dari 250 tenant,” lanjutnya.
Terkait atmosfer, Indo V-Fair akan didisain dengan suasana pekan raya. "Dari awal masuk area Indo V-Fair, pengunjung akan disambut greeting khas pekan raya, dengan lalu lalang SPG (sales promotion girl) dan SPB (sales promotion boy) yang antusias memberikan promo dan siap untuk menggiring setiap pengunjung untuk datang ke booth mereka," ujar Ronald.
Selain itu, Indo V-Fair 2021 juga punya beberapa spot untuk iklan, seperti videotron, zepelin, dan truck Ads yang akan membuat suasana virtual event ini dapat mengobati kerinduan akan event offline.
Pengunjung Indo V-Fair juga dapat menikmati aneka hiburan menarik di sebuah main stage yang megah dan futuristik, untuk para sponsor dan tenant mengisi acara, mulai dari lelang barang, short movie, band perfomance, sampai talkshow yang semuanya bisa dibuat sesuai keinginan sponsor dan tenant.
“Suasana pekan raya makin lengkap dengan beragam promosi dan potongan harga, aneka hadiah, games, dan gimmick lainnya selama periode acara. Bukan hanya untuk visitor atau customer, penyelenggara juga akan mengapresiasi para tenant dengan memberikan hadiah bagi Booth terbaik tiap bulannya, dengan vote yang diambil dari visitor di setiap kunjungannya,” tutupnya.