Dimension Data Luncurkan Digital Platform untuk “Tour de France 2015”

Dimension Data, anak perusahaan dari Dimension Data Holdings plc yang beroperasi di 60 lokasi di 13 negara Asia Pasifik, awal Juli ini mengumumkan telah menyelesaikan pembuatan platform analisis big data dan digital delivery. Melalui digital platform tersebut, Dimension Data akan menghadirkan informasi real-time dari masing-masing pebalap untuk pertama kalinya di dalam sejarah balap sepeda.

tour de france

Inovasi penting itu merupakan hasil kerja sama Amaury Sport Organisation (ASO) dengan 22 tim balap yang berpartisipasi dalam Tour de France 2015. Data akurasi tinggi akan dikumpulkan melalui penggunaan alat live trackers yang dipasang di bawah jok masing-masing pebalap. Dimension Data kemudian memproses dan menganalisis data-data tersebut, dan menyajikannya kepada para penggemar, komentator, stasiun televisi, dan para awak media.

Ketika Tour de France dimulai hari Sabtu, publik yang menyaksikannya di seluruh dunia akan dapat mengikuti 198 pebalap dari 22 tim secara real-time, dan dapat mengetahui kecepatan dari sepeda masing-masing pebalap, posisi secara tepat pembalap dalam balapan di antara pebalap lainnya, dan jarak antar pebalap. Semua hal tersebut dapat diakses melalui website berbasis beta live tracking.

Executive Chairman Dimension Data Jeremy Ord mengatakan, “Teknologi kami akan memungkinkan penggemar bersepeda untuk mengikuti jalannya perlombaan dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Sampai sekarang sulit untuk memahami apa yang terjadi di luar tayangan televisi. Kemampuan mengikuti pebalap, mendapatkan informasi yang akurat mengenai pebalap tertentu dalam grup, dan melihat kecepatan real time hanya beberapa inovasi yang dapat direalisasikan melalui solusi ini. Selama tiga minggu perlombaan, kami akan meluncurkan beberapa kemampuan baru, termasuk website beta live tracking.”

Menurut Ord, Dimension Data telah melakukan pengujian terlebih dahulu, selama lomba Critérium du Dauphiné yang digelar di Perancis mulai 7 hingga 14 Juni yang lalu. “Kami menganalisis salah satu sepeda pebalap pada kecepatan yang mengagumkan, yaitu 104 kilometer per jam. Data seperti ini tidak dapat disajikan sebelumnya.”

Seluruh data yang dianalisa akan tersedia melalui website beta live tracking. Hal ini memungkinkan para penggemar untuk mengikuti pebalap favorit mereka, memantau jalannya perlombaan dengan menggunakan smartphone atau tablet mereka (melalui website beta yang responsif), sambil menyaksikan secara langsung di televisi, dan mendapatkan akses ke data yang lain.

Brett Dawson, CEO Dimension Data Group menambahkan, “Dimension Data membawa kemampuan teknologi baru ke Tour de France yang akan mengubah lanskap teknologi, termasuk internet of things, real time big data analytics, Elastic Cloud Infrastructure, platform digital modern, kolaborasi teknologi-teknologi canggih, dan pembangunan yang cepat. Kami akan menjadi ‘Technical Tour de Force’ mereka.”

Diterangkan Christian Prudhomme, Direktur Tour de France, "Pengembangan teknologi tingkat tinggi ini akan memungkinkan analisis balapan yang lebih baik, menampilkan taktik balapan, dan juga menunjukkan betapa pentingnya peran masing-masing pebalap bagi timnya dalam olahraga ini. Sekarang kita jadi bisa memahami bagaimana mempersiapkan sprint finish dalam beberapa kilometer terakhir dalam perlombaan, merasakan dampak angin pada kecepatan pebalap, dan masih banyak lagi. Upaya kami disatukan dengan upaya Dimension Data akan seterusnya mengubah cara kita bersepeda dan Tour de France.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)