Do More with Less

Bagaimana seseorang dapat lebih efektif dengan sedikit usaha?
Pemasar dituntut agar lebih banyak menawarkan cerita. Kenapa? Salah satunya
adalah karena teknologi dan perusahaan perilaku pelanggan menuntut perubahan
itu.

Uniqlo adalah anak perusahaan ritel Jepang, Fast Retailing, sebuah perusahaan ritel yang menjual produk fashion berkualitas tinggi namun harganya relative murah. Perusahaan itu didirikan tahun 1963.

Tahun 1984, perusahaan, yang mengelola toko pakaian pria di Ube, Yamaguchi, itu membuka toko pakaian kasual baru, Unique Clothing Warehouse di Kota Hiroshima. Inilah cikal bakal dari Uniqlo.

Tahun 2015, perusahaan ini mengoperasikan 1574 toko Uniqlo
di seluruh dunia, dan berencana menambah 200 toko baru. Uniqlo menjual pakaian
santai. Itu sebabnya dalam setiap kampanye, pesan disampaikan seakan mengajak
dunia untuk berpakaian santai.

Namun pengelola tidak ingin Uniqlo dikesankan hanya sebagai merek
fashion. Mereka tidak ingin membangun sekedar membangun perusahaan mode, namun perusahaan
teknologi.

Dua tahun lalu, mereka melancarkan kampanye pemasaran
digital dengan tujuan untuk membangun image sebagai perusahaan teknologi di
seluruh dunia. Mereka mengaktifkannya di 100 lokasi fisik maupun online.

Kampanye ini menggunakan image bergerak cepat di papan
reklame yang berisi kode produk unik yang hanya bisa ditangkap dengan mengambil
foto tampilannya. Pembeli kemudian diminta untuk mengunggah kode lima digit ke
situs web kampanye untuk menebus sampel dari lini pakaian HEATTECH.

Begitu sampai di situs, pemirsa diarahkan melalui
serangkaian layar informasi yang menjelaskan secara rinci teknologi di balik
produk Uniqlo sebelum menampilkan halaman yang mengumumkan pemenangnya. Peserta
didorong untuk berbagi foto mereka di media sosial untuk mengajak teman-teman
mereka bergabung dalam kampanye.

Hasilnya luar biasa. Video online ditonton 1,3 juta kali dan
lebih dari 25.000 orang mendaftar untuk menerima katalog UNIQLO. Secara total,
kampanye ini mencapai lebih dari empat juta orang, dan menghasilkan 35.000
pelanggan baru.

Pemasaran digital dapat menjadi cara yang bagus untuk terlibat secara kreatif dengan pelanggan. Cara ini bisa menunjukkan kepada pelanggan tentang siapa dan apa yang dilakukan produk Anda.

Dengan mengendalikan percakapan dengan pelanggan, pengelola dapat membuat cerita merek yang beresonansi dengan pelanggan target. Anda tidak perlu melakukan apa yang dilakukan Uniqlo untuk berinteraksi dengan pelanggan. Tetapi, Anda harus mengendalikan pembicaraan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)