Menjalin kerja sama strategis dengan sejumlah mitra, sejatinya menjadi salah satu upaya perusahaan dalam menggenjot penetrasi maupun memperluas market. Langkah itu pula yang dilakukan DOKU sebagai penyedia solusi pembayaran elektronik nasional. Setelah sebelumnya menggandeng Citilink, Sriwijaya, dan Air Asia, hari ini (9/5) DOKU resmi menjalin kerja sama dengan perusahaan penerbangan internasional, Jetstar.
Dijelaskan Nabilah Alsagoff, Chief Operating Officer DOKU, melalui kemitraan ini pelanggan Jetstar siap dimanjakan dengan beragam pilihan pembayaran baru ketika melakukan online booking di Jetstar.com. Itu artinya, mulai hari ini, pelanggan dapat memilih untuk membayar tiket Jetstar mereka dengan empat pilihan, yakni lewat internet banking, DOKU e-wallet, transfer bank, atau lewat minimarket.
“Kemitraan ini tidak hanya mengenai bagaimana DOKU dan Jetstar dapat menyediakan kemudahan pembayaran, tetapi juga bagaimana industri penerbangan dan keuangan bisa memperluas basis pelanggan mereka,” ujar Nabilah, yang menyebutkan saat ini DOKU telah memiliki 1,5 juta akun e-Wallet.
Diakui Nabilah, memang belum terlihat hasil yang sangat signifikan atas kemitraan dengan perusahaan penerbangan terhadap kinerja DOKU—baik terhadap penambahan pengguna baru DOKU maupun nilai transaksi. “Sebab, waktu itu ada kebijakan Bank Indonesia (BI) yang membatasi maksimal dana di e-wallet hanya Rp 5 juta. Namun, saat ini BI sudah mengubahnya menjadi Rp 10 juta. Dengan kebijakan baru ini, kami optimis kemitraan dengan perusahaan penerbangan akan berdampak signifikan,” ia meyakini.
Sementara itu, menurut Regional General Manager Southeast Asia Jetstar Group Leslie Ng, kemitraan DOKU dapat memperkuat upaya Jetstar dalam memperluas market-nya di Indonesia. “Sejak 18 bulan terakhir, Jetstar telah mengembangkan operasionalnya di Indonesia, dengan menjalankan layanan di pasar-pasar yang sebelumnya belum terjamah, seperti Palembang dan Pekanbaru ke Singapura,” paparnya.
Keseriusan Jetstar menggarap pasar Indonesia cukup dimaklumi. Mengingat, ada 40% penerbangan dari Australia ke Bali menggunakan Jetstar. Selain itu, ada rata-rata 700 ribu penumpang Singapura ke Indonesia tiap tahunnya yang menggunakan Jetstar. “Oleh karena itu, saat ini kami sudah memiliki 9 kantor perwakilan di Indonesia,” lanjut Leslie, yang menyebutkan bahwa baru-baru ini Jetstar telah menandatangani MOU dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia guna mencapai target wisatawan mancanegara yang telah ditetapkan.
Sebagai upaya untuk memperkenalkan kemudahan pembayaran tiket Jetstar lewat DOKU, maka program komunikasi dan promosi pun siap digelar. Antara lain, pada periode Mei hingga Juni 2017, DOKU akan menawarkan cashback untuk saldo DOKU e-wallet senilai 20% dari harga tiket Jetstar untuk tujuan manapun yang pembelian tiketnya menggunakan e-wallet.