MIX.co.id - Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) telah berhasil mendorong lebih dari 13 juta pelaku usaha lokal untuk onboard di platform ecommerce sejak peluncurannya pada 14 Mei 2020 lalu. Memasuki tahun keempat, Gernas BBI akan menggelar Festival Indonesia: Pesta Anak Bangsa, pada 8-9 Juli 2023 mendatang di Plaza Tenggara, Gelora Bung Karno, Jakarta.
Dituturkan Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo Manuhutu, “Mendorong pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) produsen produk lokal dan artisan untuk onboard ke platform e-commerce hanyalah satu langkah. Masih banyak langkah yang bisa diinisiasi dan diwujudkan untuk bisa meraih hasil yang jauh lebih besar lagi.”
Senada dengan Odo, Ketua Umum Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) Bima Laga menyebutkan bahwa upaya mendorong laju pertumbuhan ekonomi digital tidak melulu fokus pada pelaku usaha. “Penting juga mensosialisasikan dan mengedukasi konsumen terkait kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan teknologi digital," ucapnya.
Lebih jauh ia menerangkan, Festival Indonesia menjadi ajang edukasi dan sosialisasi konsumen terkait jual beli yang memaksimalkan teknologi digital terkini. “Semua transaksi akan menggunakan teknologi digital seperti QRIS, melalui platform ecommerce, hingga penggunaan EDC perbankan," ujarnya.
Festival ini digelar juga untuk mendorong minat dan daya beli masyarakat pada produk lokal. Tak hanya produk lokal, Pesta Anak Bangsa juga menjadi corong mengenal lebih dalam segala sesuatu tentang Indonesia termasuk budaya, kuliner, bahkan potensi pertumbuhan game online buatan anak bangsa.
Digelar di kawasan terbuka di tengah Jakarta, Pesta Anak Bangsa menyasar peserta dari semua level usia dan status, dengan menargetkan 50 ribu pengunjung setiap harinya. Beragam kegiatan disiapkan guna memenuhi semua kebutuhan pengunjung. Sebut saja fesyen, kerajinan tangan, sampai makanan enak yang berjejer di area kuliner.
Pengunjung tentu diharapkan dapat turut berbelanja dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi pelaku usaha lokal dan membangun kebanggaan atas produk Indonesia. Untuk itu, ada banyak diskon dan promo dari pelaku usaha dan perbankan yang akan membuat semua harga kian terjangkau.
Sebagai bagian dari perbankan nasional, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menegaskan komitmennya dalam mengembangkan bisnis lokal dan produk buatan dalam negeri, yang diharapkan dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional.
Dituturkan Dody Santosa Iswan, Senior Vice President BCA,...