Setelah diluncurkan pada 2017, Jenius Pay dari Jenius--yang merupakan solusi life finance dari Bank BTPN--kembali memperkenalkan inovasi terbarunya, $Cashtag, pada hari ini (3/12) melalui konferensi pers virtual. Dengan menggunakan $Cashtag sebagai indentitas pengganti nomor rekening, pengguna Jenius dapat melakukan transaksi online di berbagai merchant rekanan Jenius.
Sejak diluncurkan tiga tahun lalu, saat ini Jenius Pay telah tersedia di lebih dari 29 merchant. Kehadiran Jenius Pay untuk membantu masyarakat digital savvy bertransaksi online dengan cara baru secara mudah, cerdas, dan aman. Kolaborasi dengan berbagai merchant ini sekaligus mendukung ekosistem ekonomi digital dan transaksi online maupun cashless.
Dituturkan Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, ”Kami percaya kolaborasi dari berbagai pihak dibutuhkan untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital di Indonesia. Sejalan dengan semangat kokreasi dan kolaborasi yang Jenius usung sejak awal, kami bersama-sama dengan mitra menghadirkan kemudahan bagi masyarakat digital savvy Indonesia dalam bertransaksi online melalui fitur Jenius Pay.”
Lebih jauh ia menerangkan bahwa selama pandemi dan kondisi working from home, terjadi peningkatan penggunaan Jenius Pay. Jumlah nominal transaksi Jenius Pay meningkat sebanyak 401% dan volume transaksi meningkat sebanyak 212% pada Oktober 2020 jika dibandingkanMaret 2020.
“Meningkatnya transaksi digital selama pandemi juga terlihat pada Jenius Study: Perilaku Digital Savvy Selama Masa Adaptasi Kebiasaan Baru yang dilakukan pada Mei 2020 kepada 267 responden berusia 16-40 tahun. Hasil studi ini menunjukkan bahwa digital atau mobile banking adalah banking channel yang paling sering digunakan selama masa adaptasi kebiasaan baru, yakni sebanyak 79%,” lanjutnya.
Pada kesempatan ini, Jenius menghadirkan JD.ID, Kitabisa.com, dan Kopi Kenangan sebagai mitra untuk berbagi cerita mengenai kolaborasi dengan Jenius melalui Jenius Pay. “Kitabisa hadir karena kami percaya Indonesia tidak pernah kekurangan #OrangBaik. Apalagi sejak pandemi melanda, jutaan kebaikan tercipta setiap hari. Kehadiran Jenius Pay tentu mendorong ekosistem donasi digital menjadi lebih mudah dan aman, terlebih mayoritas donatur Kitabisa adalah mereka yang juga digital savvy.” jelas Rahelyna Mairing, VP of Finance and Compliance Kitabisa.com
Sementara itu, diakui VP of Product & Growth Kopi Kenangan Marsela Limesa, “Saat ini, 70% transaksi di Kopi Kenangan merupakan transaksi digital atau cashless. Untuk itu, kami menyambut baik kolaborasi dengan Jenius Pay. Kehadiran Jenius Pay di aplikasi Kopi Kenangan merupakan bentuk komitmen kami untuk memberi layanan lebih kepada setiap pelanggan dengan menambah jenis platform digital baru yang bisa mereka pilih saat melakukan pembayaran di aplikasi kami.”
Abraham Luhska Harahap, Head of Partnership and Alliance & Head of Digital Category JD.ID, mengimbuhkan, sejak awal pandemi di Indonesia pada Maret 2020 lalu, data JD.ID menunjukkan bahwa rata-rata penjualan mingguan JD.ID meningkat hingga 50%, jika dibandingkan dengan era normal pada tahun yang sama (2020).
Tidak hanya itu, pada pelaksanaan festival belanja akhir tahun, HARJOYNAS, mulai dari 9.9, 10.10, hingga 11.11, JD.ID juga mencatat sederet peningkatan penjualan, jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Jumlah pesanan meningkat hingga 60% pada 9-11 November 2020 (periode pelaksanaan HARJOYNAS 11.11). Groceries & Health Care merupakan salah satu kategori dengan produk yang paling banyak terjual.
“Melalui kolaborasi dengan Jenius Pay, kami berharap para pelanggan kami dapat berbelanja kemudian bertransaksi dengan mudah, aman, dan nyaman. Dengan segala benefit dan fasilitas yang ditawarkan, kami berharap kerja sama ini dapat mendatangkan “joy” (sukacita) bagi seluruh pelanggan, pada sebelum, sesaat, dan setelah mereka berbelanja di JD.ID,” harap Abraham.