Dukung Kemajuan UMKM Perempuan, Citra Gelar Program "Tangan-tangan Cantik Citra"

MIX.co.id - Faktanya, dari 60,5% kontribusi UMKM terhadap PDB Nasional, hampir 65% pelaku UMKM dimotori tangan-tangan cantik perempuan Indonesia. Kontribusi mereka bahkan diproyeksi akan mencapai US$ 135 miliar pada 2025 mendatang. Sayangnya, masih ada banyak tantangan yang harus mereka hadapi. Salah satunya adalah keterbatasan modal yang dialami oleh 40% UMKM perempuan.

Oleh karena itu, demi mendukung para perempuan yang berkarya di bidang kreatif, Unilever melalui merek Citra, menggelar program “Tangan-tangan Cantik Citra”.

Berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf RI) serta SEMASA, program “Tangan-tangan Cantik Citra” hadir untuk membantu perkembangan usaha 135 UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) berbasis ekonomi kreatif.

Melalui program itu, Citra juga memberikan penghargaan “Piala Citrapreneur” bagi 20 UMKM Perempuan Terbaik. Acara puncak penghargaan ini digelar di event “Citra SEMASA Piknik 2024” pada 31 Mei-2 Juni 2024 di Taman Lapangan Banteng, Jakarta.

Inisiatif Citra disambut dan diapresiasi oleh Kemenparekraf RI karena sejalan dengan misi Pemerintah untuk membuka peluang yang makin inklusif pada industri ekonomi kreatif.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, menegaskan, “Saya terus mendorong 3G: Gercep (Gerak Cepat) karena kita tidak bisa lagi hanya berjalan untuk mengejar Indonesia Emas 2045; Geber (Gerak Bersama) karena kita tidak bisa sendiri, harus merangkul kolaborator termasuk dunia usaha; dan Gaspol dengan meng-gas semua potensi yang dapat menciptakan lapangan usaha dan lapangan kerja."

Lebih jauh ia menjelaskan, SEMASA sebagai salah satu event Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) adalah acara yang sangat spesial. Tahun ini, jumlah tenant-nya jug meningkat. Hal itu menunjukkan bahwa ini event yang sangat strategis.

"Jadi, saya mengapresiasi kerja sama SEMASA selaku inisiator dan penyelenggara ‘SEMASA Piknik’ dan Citra sebagai kolabulator utama. Semoga event ini berdampak pada ekonomi bangsa dan berkontribusi positif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Putri Paramita, Beauty & Wellbeing Marketing Lead Unilever Indonesia, dalam konferensi pers yang digelar hari ini (31/5), di Jakarta, “Sebagai brand yang lebih dari 35 tahun lalu terlahir di Indonesia, Citra memiliki purpose sangat jelas yaitu ‘women support women’ dengan senantiasa mendukung perempuan Indonesia tampil percaya diri dengan merawat kulit mereka agar dapat terus ber-progess lewat karya-karya yang terlahir dari kulit yang cantik dan terawat."

Purpose tersebut, lanjutnya, diwujudkan dengan senantiasa mendengar kebutuhan perempuan Indonesia dan melakukan sejumlah inovasi produk-produk yang secara khusus diformulasikan untuk karakteristik kulit para perempuan Indonesia, menggunakan 100% bahan-bahan natural dengan 10x kekuatan mencerahkan dan melembapkan yang dapat menjawab beragam kebutuhan perawatan kulit mereka. Di antaranya seperti Citra Body Serum yang baru diluncurkan pada akhir tahun lalu.

“Selain itu, Citra konsisten melakukan berbagai inisiatif untuk mendampingi perempuan menjadi lebih berdaya. Melanjutkan purpose-nya, melalui program ‘Tangan-Tangan Cantik Citra’ kali ini kami berupaya memberi dampak nyata pada kemajuan UMKM perempuan dengan menggandeng Kemenparekraf RI dan SEMASA dalam menghadirkan ‘Piala Citrapreneur’; penghargaan yang mendorong sebanyak mungkin UMKM perempuan di bidang kreatif memaksimalkan potensi diri dan bisnis mereka,” imbuh Putri.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)