MIX.co.id - Platform one-stop-shop untuk UKM Indonesia, KoinWorks, meluncurkan "Digital SME Confidence Index Report 2nd Half 2021",  pada hari ini (6/4), secara virtual. Laporan kali ini mengusung tema “Moving Forward: How SMEs Grow Strong in the Post Pandemic Era”.

Digital SME Confidence Index Report merupakan laporan rutin pertengahan tahun yang KoinWorks rilis untuk merangkum pertumbuhan dan perkembangan UKM. KoinWorks melakukan survei kepada lebih dari 2.000 UKM yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) yang berpartisipasi dalam riset ini terbagi dalam 7 kategori wilayah di Indonesia, yakni Sumatra, DKI Jakarta, Jawa, Bali - Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku - Papua.

Laporan ini mengungkapkan bahwa dibandingkan dengan paruh pertama 2021, angka indeks optimisme UKM digital meningkat sebesar 6%, yaitu dari 2,49 menjadi 2,64. Hal ini menandakan bahwa iklim bisnis di Indonesia semakin membaik.

Sementara itu, seiring dampak pandemi yang mulai mereda, bisnis offline mulai mendapatkan popularitasnya kembali. Terbukti, bisnis dengan penjualan offline memiliki peningkatan penjualan tertinggi sebesar 44% pada paruh kedua tahun 2021 dibandingkan dengan penjualan bisnis online atau bisnis hybrid, yang masing-masing hanya meningkat sebesar 38,2% dan 41,9%.

Fakta lain yang terungkap dari laporan ini adalah UKM memiliki kemampuan untuk memetakan tantangan yang mungkin mereka hadapi di masa depan dengan pengalaman yang mereka alami selama pandemi.

Tahun 2021 juga dianggap sebagai angin segar bagi UKM, di mana para pelaku UKM telah menerima hasil positif dari hybrid channel yang mereka jalankan pada awal 2021. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian juga mencatat dampak lain dari pandemi adalah mendorong shifting pola konsumsi masyarakat ke arah digital sehingga menjadi momentum yang tepat untuk mengakselerasi transformasi digital bagi UKM.

Dituturkan Gede Edy Prasetya, Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, "Dengan melihat tantangan dan kebutuhan UKM di era ini, kami memperkuat kolaborasi berkelanjutan dengan berbagai pihak, termasuk private sector. Tujuannya, agar UKM tidak hanya tumbuh dan kembali seperti sebelum pandemi, tapi juga supaya UKM lebih berdaya saing tinggi di masa depan. Selain itu, program-program bantuan yang sedang berjalan akan terus berlanjut untuk memastikan pemerataan jangkauan UKM di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Ditambahkan Mark Bruny, Chief Financial Officer KoinWorks, "Sebagai bentuk kontribusi KoinWorks bagi UKM di Indonesia, KoinWorks menyusun laporan ini dua kali dalam setahun. Kami bangga dengan hasil yang diperoleh di semester dua tahun 2021. KoinWorks selalu hadir bagi UKM tidak hanya untuk pembiayaan usaha yang mudah diakses, tapi juga financial partner untuk pertumbuhan usaha. Untuk itu, kami melanjutkan pengembangan ekosistem UKM dan layanan keuangan yang semakin komprehensif untuk UKM Indonesia."

Lebih jauh ia menegaskan, KoinWorks akan terus berupaya mendukung UKM dengan mematangkan KoinWorks NEO yang sebentar lagi bisa digunakan oleh UKM. Selanjutnya, pada Ramadan ini, KoinWorks meluncurkan kampanye #BenahiDiri yang bertujuan mendorong pertumbuhan UKM.

"KoinWorks mengajak seluruh pengguna dan masyarakat untuk berpartisipasi mengingat ini adalah momentum  yang tepat untuk memperbaiki pertumbuhan ekonomi Indonesia  sesuai dengan mimpi KoinWorks untuk siapapun bisa mewujudkan mimpi finansialnya," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)