Dukung UMKM, Blibli.com Gelar TBS Session 4

Blibli.com kembali menyelenggarakan Nyalakan Ambisimu, Wujudkan Suksesmu” sebagai ajang kompetisi wirausaha tahunan bagi creativepreneur muda. Gelaran event dalam rangkaian The Big Start (TBS) Session 4 ini merupakan langkah konkret Blibli.com untuk mendukung program pemerintah dalam mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui pengembangan kapabilitas Marketing 4.0 agar bisnisnya sukses menembus pasar global.

Event tetap memprioritaskan UMKM karena sektor ini, menurut data Kementerian Perindustrian, memberi kontribusi 60,3% terhadap produk domestik bruto nasional. “Agar semakin mendorong potensi creativepreneur, Blibli.com berkomitmen untuk memainkan perannya sebagai mal online dalam meningkatkan kapasitas creativepreneur untuk memenangkan pasar,” kata Andy Adrian, Deputy Chief Marketing Officer (CMO) Blibli.com, kepada media di Jakarta, baru-baru ini.

Pihaknya akan memperkuat kapasitas creativepreneur dengan membantu mereka menjawab tantangan bisnis yang dihadapi. “Kami mengusungnya dengan pendekatan Marketing 4.0, yang mengutamakan kolaborasi, jaringan, serta sinergi antara online dan offline dalam mengembangkan usaha di era digital, termasuk membantu usaha kreatif dari segi konten pemasaran digital hingga jaringan dengan pasar lokal dan internasional,” lanjut Andy.

Ajang kompetisi TBS tahun ini fokus pada empat kategori utama, yaitu fashion, kuliner, kesehatan dan kecantikan, dan kriya. Uniknya, baru di TBS Session 4 ini para creativepreneur terbaik akan diikutkan dalam pameran (expo) international bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian.

Di samping itu, Bibli.com memberi kesempatan bagi para peserta TBS ikut The Creator, yakni proyek kolaborasi yang menyatukan creativepreneur dengan brand yang sudah established. Ada 15 brand yang digandeng The Creator berikut influencernya, seperti brand Kanva Home & Living, Legam, Pipiltin Cocoa, Poropo Corners, Moodswing, Chiels, dan Lathanza House. Sementara influencer antara lain Hari Prast, Nana Mirdad, Paula Tambunan, dan Cinddercella. “Tujuannya supaya merek milik creativepreneur lokal semakin dikenal oleh pasar dan menginspirasi para creativepreneur untuk menghadirkan produk-produk kreatif melalui kolaborasi,” ujar Andy lagi.

Program TBS tidak hanya itu. Para peserta berkesempatan menampilkan produk-produk usaha kreatifnya di Galeri Indonesia, yaitu kategori khusus di dalam platform Blibli.com bagi brand atau produk asli buatan Indonesia.

Hingga kuartal I 2019, ungkap Geoffrey L. Dermawan, SVP Trade Partnership Merchant Sales Operation & Development Blibli.com, kategori produk UMKM Galeri Indonesia tumbuh 6 kali lipat hingga berjumlah ratusan produk, didukung dengan pertumbuhan mitra UMKM Galeri Indonesia mencapai 2 kali lipat.

Didukung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), dan Universitas Prasetiya Mulya, TBS Session 4 membuka kesempatan bagi para creativepreneur muda untuk mengasah kemampuan bisnis sesuai dengan kebutuhan pasar, selain juga berkesempatan mengikuti ajang pameran di luar negeri.

Proses penyaringan dilakukan bertahap. Peserta yang telah mendaftar di TBS akan dikurasi menjadi top 100. Mereka akan dibantu untuk masuk ke platform Blibli.com dan akan diberikan program pendampingan oleh tim Galeri Indonesia.

Selanjutnya, akan dipilih top 20 usaha kreatif yang akan diberikan pelatihan secara intensif selama seminggu mengenai marketing & branding, public speaking, financial planning, aspek hukum, dan keterampilan pemasaran lainnya. Tahap terakhir, memilih empat creativepreneur muda terbaik untuk diberikan hadiah sebagai modal usaha. Total hadiah mencapai Rp1,3 miliar.

Para creativepreneur dapat mendaftar menjadi peserta melalui situs thebigstart.blibli.com hingga akhir Agustus 2019. Pendafatan dapat pula melalui event roadshow TBS yang akan berlangsung di Bandung (12-14 Juli), Yogyakarta (19-21 Juli) dan Surabaya (2-4 Agustus).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)