Dukung UMKM dan Brand Lokal, Lazada Hadirkan Inovasi Teknologi dan Logistik Terpadu

MIX.co.id - Platform eCommerce Lazada kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta brand lokal. Komitmen tersebut diungkapkan pada diskusi bertajuk “Komitmen Lazada Terhadap Pengembangan UMKM dan Brand Lokal”, yang digelar hari ini (5/3), di Jakarta.

Dituturkan Amelia Tediarjo, Head of Operations Lazada Indonesia, "Brand dan UMKM lokal telah terbukti sebagai pilar penting perekonomian. Pasar Indonesia sangat besar, bahkan terbesar di Asia Tenggara, maka mendukung UMKM untuk menguasai pasar dalam negeri merupakan langkah strategis."

Lebih jauh ia menjelaskan, ekosistem digital Lazada didukung oleh teknologi canggih yang dirancang untuk membantu brand dan UMKM naik kelas, sekaligus memberikan pengalaman belanja yang mudah dan menyenangkan bagi konsumen.

“Kami memiliki berbagai fitur berbasis kecerdasan buatan, seperti AI Lazzie yang memberikan rekomendasi produk terbaik, gamifikasi dengan berbagai hadiah, serta fitur virtual try-on yang memungkinkan calon pembeli ‘mencoba’ produk secara virtual. Selain menciptakan pengalaman belanja yang terpersonalisasi untuk konsumen, fitur ini juga bisa meningkatkan keterlibatan penjual dengan pembeli yang diharapkan bisa mendorong penjualan.

Lazada tidak hanya menyediakan dukungan dan penawaran berbasis teknologi, tetapi juga berbagai data dan wawasan yang berguna untuk para penjual di Lazada. “Seller Center Lazada tidak hanya menyediakan data kinerja toko secara real-time, namun juga menyediakan data dan wawasan terkait dengan tren penjualan di pasar, yang dapat dijadikan referensi untuk penyusunan strategi bisnis,” urai Amelia.

Lazada juga menghadirkan berbagai kanal untuk mempermudah interaksi antara penjual dan pembeli. Salah satunya adalah LazMall, dengan 32.000 brand lokal dan internasional terkemuka menawarkan pengalaman belanja yang serupa dengan berbelanja di mall offline. LazMall menawarkan berbagai keuntungan tambahan, di antaranya jaminan keaslian produk (100% original), jaminan pengiriman tepat waktu, jaminan ketersediaan stok, serta jaminan kemudahan pengembalian apabila barang yang dikirim tidak sesuai atau ternyata kurang cocok dalam 30 hari.

“Brand dan UMKM yang bergabung di LazMall akan mendapatkan banyak keuntungan, terutama dengan keberadaan kanal khusus seperti LazMart yang menjual produk kebutuhan sehari-hari dan LazBeauty yang fokus pada produk perawatan kulit dan kecantikan. “Kanal khusus ini mempermudah penjual dan pembeli untuk terhubung lebih cepat, sekaligus mempercepat transaksi. Calon pembeli yang masuk ke kanal tersebut sudah pasti mencari produk di kategori yang sesuai,” imbuh Amelia.

Strategi Hiperlokal dan Kekuatan Logistik Terpadu

Lazada juga berfokus pada strategi hiperlokal, yang berupaya mendekatkan rantai pasokan dengan pelanggan. Amelia menerangkan, “Melalui implementasi strategi hiperlokal, kami memberdayakan brand dan UMKM lokal untuk memastikan produk yang banyak dicari pelanggan tidak hanya terjamin ketersediaan dan kualitasnya, namun juga dekat dengan pelanggan. Surabaya menjadi kota percontohan untuk strategi hiperlokal, dimana kehadiran kami di Surabaya dilakukan secara holistik, tidak hanya pada pengembangan fitur dan penawaran yang ada di aplikasi, namun juga dari sisi jaringan dan infrastruktur operasional logistik yang menjadi kunci keberhasilan hiperlokal.”

Hasilnya, strategi hiperlokal Lazada di Surabaya menunjukkan keberhasilan yang signifikan. Sejak diluncurkan pada awal Oktober 2024 lalu, terjadi peningkatan jumlah pembeli dan jumlah pasokan lokal secara berkelanjutan, dengan kontribusi penjualan local-to-local mencapai lebih dari 50% dalam waktu satu bulan sejak diluncurkan. Potensi pasar hiperlokal terus bertumbuh, ditunjukkan dengan semakin banyak brand, baik brand multinasional maupun brand lokal, juga memanfaatkan fasilitas logistik di Lazada untuk memastikan kecepatan dan kelancaran pemenuhan pesanan pembeli.

Sementara itu, Reinaldo Harjanto, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia, membeberkan strategi hiperlokal dan dukungan logistik terpadu menjadi kunci utama dalam membantu UMKM menjangkau pasar yang lebih luas. “Melalui berbagai program dan inisiatif, kami ingin memastikan bahwa UMKM dan brand lokal tidak hanya bertahan, tetapi juga mampu bersaing dan tumbuh secara berkelanjutan di pasar digital. Ini sejalan dengan misi kami untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional. Setelah Surabaya, kini kami akan mulai menggarap Medan, Sumatra Utara sebagai kota tujuan hiperlokal kami selanjutnya,” ucapnya.

Lazada terus memperkuat ekosistem digital terpadunya yang menggabungkan eCommerce dan sistem logistik canggih untuk memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli di ekosistem Lazada. Unit usaha logistik Lazada, yang dikenal sebagai LEX, menjadi pionir logistik eCommerce pertama di Indonesia yang didukung oleh data dan teknologi mutakhir. “Dukungan teknologi canggih di Lazada memungkinkan operasional kami menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga tidak hanya pengiriman bisa dilakukan dengan tepat waktu, namun juga dengan penawaran harga yang kompetitif bagi pelanggan,” sambungnya.

Dengan dukungan infrastruktur logistik berbasis kecerdasan buatan (AI), seperti smart warehousing dan intelligent routing, Lazada memastikan sistem inventori brand di gudang dapat diprediksi dengan akurat serta proses pengiriman yang efisien dan tepat waktu. Hal ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga memberikan pengalaman terbaik bagi brand dan penjual yang bergabung dalam platform Lazada.

"Kami memiliki lebih dari 200 fasilitas logistik yang tersebar di lebih dari 150 kota di Indonesia, serta 15.000 karyawan dan mitra kurir yang menjadi garda depan operasional logistik kami untuk mendukung pemenuhan dan pengiriman terintegrasi bagi brand dan UMKM di ekosistem kami melalui layanan Fulfillment by Lazada (FBL),” kata Reinaldo.

Sejatinya, dukungan dari para mitra logistik lokal turut memperkuat jangkauan Lazada. “Dukungan dari para mitra logistik lokal di berbagai daerah juga membuat kami bisa menjangkau pelanggan di manapun, di area terpencil sekalipun. Dengan demikian, tidak hanya kami bisa memberdayakan mitra logistik lainnya, kami juga bisa berinvestasi secara strategis di area lain yang bisa mendorong pertumbuhan berkelanjutan kami,” pungkas Reinaldo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)