Platform eCommerce Shopee menggelar prgoram edukasi bertajuk “BincangShopee 12.12 Birthday Sale: Di Balik Dapur Bisnis Rumahan” pada hari ini (4/12) secara virtual. Dua pembicara, Lizzie Parra selaku Founder & CMO BLP Beauty dan Oshin Hernis selaku Head of Communications Sayurbox, dihadirkan untuk berbagi pengalaman sekaligus strategi dalam membangun bisnis mereka, termasuk bagaimana bisnis mereka tetap bertahan di masa pandemi.
Dituturkan Daniel Minardi, Head of Brands Management and Digital Products Shopee Indonesia, “Setelah hampir setahun, belanja online telah menjadi pusat kehidupan masyarakat banyak. Dengan demikian, kontribusi positif secara ekonomi pun perlu dipastikan agar dapat berjalan berdampingan dengan keberlanjutan ekosistem bisnis secara jangka panjang.”
Melalui program “BincangShopee” kali ini, lanjut Daniel, Shopee mengajak para pengguna untuk memperkaya informasi mengenai strategi bisnis di tengah pandemi dengan berbagai cara yang lebih efisien dan membawa dampak yang tetap positif.
“Sebagai platform yang senantiasa mendukung perkembangan para pelaku UMKM Indonesia, kami berharap informasi yang diberikan bisa menjadi tepat guna untuk para pelaku bisnis rumahan dan masyarakat Indonesia secara umum,” harapnya.
Dipaparkan Lizzie Parra, Founder & CMO BLP Beauty, “Senang sekali hari ini saya bisa membagikan pengalaman membangun BLP Beauty dari awal untuk Sobat Shopee yang sedang merintis bisnis rumahannya. Bersama BincangShopee, saya berharap pengetahuan yang saya bagikan kepada teman-teman bisa berguna, terlebih dalam segi pemilihan packaging sebagai bagian yang krusial untuk produk yang kita pasarkan.”
Ada lima strategi berbisnis yang dibagikan Lizzie dan Oshin. Pertama, perdalam ide bisnis dan lakukan riset pasar. Kedua, mulai bisnis dari ketertarikan diri sendiri. Ketiga, tentukan target konsumen dan maksimalkan channel online. Keempat, pilih logo dan packaging produk yang merepresentasikan bisnis. Kelima, hadirkan packaging yang ramah lingkungan, yang notabene tidak selalu mahal.
Sementara itu, ditegaskan Daniel, para pengguna dapat menggunakan program “Perlengkapan Rumah Day” pada 7 Desember 2020 untuk mendapatkan berbagai kebutuhan yang diperlukan bisnis rumahan. “Melalui program itu, kami menawarkan diskon sampai dengan 90% di 7 Desember, Flash Sale barang-barang perlengkapan rumah senilai 12RB, dan mendapatkan potongan harga serta ribuan voucher toko dalam kategori Perlengkapan Rumah di Shopee,” ucapnya.
Kampanye ikonik ShopeePay Semua Rp1 dengan Total Voucher 12M dari berbagai brand ternama yang berlangsung dari 1-12 Desember juga dapat dimanfaatkan oleh para pengguna Shopee untuk berbelanja kebutuhan penyokong bisnis rumahannya dengan lebih hemat dan efisien. “Selain itu, nantikan Shopee Gajian Sale pada tanggal 25 Desember dengan berbagai penawaran menarik,” lanjutnya.
Selanjutnya, pada puncak kampanye yang akan berlangsung pada 12 Desember 2020 menatang, Shopee menghadirkan TV Show Shopee 12.12 Birthday Sale bersama GOT7. Selain bertaburan penampilan dari bintang K-Pop ternama seperti GOT7, akan ada special performance dari Stray Kids selaku Brand Ambassador Shopee Indonesia terbaru, serta deretan artis Tanah Air. “TV Show Shopee 12.12 Birthday Sale akan disiarkan secara langsung pukul 19.00 WIB di Shopee Live, SCTV, RCTI, INDOSIAR, ANTV, dan MNC TV,” tutup Daniel.