Tingginya pasar muslim dan transaksi belanja online di Indonesia memicu PT Galaksi Dunia Halal untuk merilis situs belanja online www.duniahalal.com pada hari ini (6/9), di Jakarta. Merujuk data Global Islamic Economy Report 2015-016, pasar produk syariah atau halal di dunia bernilai US$ 1 triliun. Sementara itu, penduduk muslim di Indonesia mencapai 80 sampai 85%, di mana mayoritasnya juga berbelanja online.
Bahkan, data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa industri eCommerce di Indonesia falam 10 tahun terakhir tumbuh sekitar 17% dengan total sekitar 26,2 juta usaha. Sedangkan data yang dirilis Kementrian Komunikasi dan Informatika mengungkapkan bahwa nilai bisnis eCommerce di tahun 2015 telah mencapai Rp 46 triliun.
Dijelaskan Ndang Sutisna, Presiden Direktur PT Galaksi Dunia Halal, “Berangkat dari fakta tersebut, maka kami ingin mewadahi segmen muslim melalui eCommerce marketplace berbasis halal pertama di Indonesia, Duniahalal.com. Tentu saja, dengan menyediakan berbagai produk halal.”
Lebih lanjut ia meyakini bahwa ke depan, dunia akan serba digital, termasuk aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup. “Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang. Dengan jumlah penduduk dan tingkat ekonomi yang terus bergerak maju, kami yakin bisnis eCommerce, khususnya belanja online, akan terus tumbuh,” ujar Ndang.
Managing Director Duniahalal.com Agung Sr. menerangkan bahwa produk yang dijual di duniahalal.com tercatat beragam. Mulai dari produk fashion, makanan dan minuman, produ kherbal, elektronik, kebutuhan ibu dan anak, rumah tangga, lukisan, kaligrafi, hingga otomotif.
Selain menjual produk-produk yang memang dibutuhkan segmen muslim, duniahalal.com juga menghadirkan fitur terkait kebutuhan lainnya dari segmen muslim. Antar lain, fitur Hallo Ustad untuk mengetahui jadwal Ustad, agenda mesjid di seluruh Indonesia, paket umroh, hingga wisata halal.
Tak tanggung-tanggung, Duniahalal.com pun mematok angka yang tinggi untuk kinerjanya selama setahun ke depan. Ditargetkan Agung, akan ada 100 ribu produk dengan nilai transaksi sebesar Rp 1 triliun untuk kinerja setahun Duniahalal.com.
Guna mencapai target tersebut, sejumlah upaya dilakukan. Mulai dari membangun brand awareness melalui pendekatan Public Relations, antara lain menggelar press conference, hingga promo diskon hingga 80% untuk para pembelanja di Duniahalal.com.