News Trend

EatSambel Bidik Penggemar Sambal lewat TikTok

MIX.co.id – Masyarakat Indonesia akrab dengan kuliner pedas dalam bentuk sambal. Keberadaan sambal tidak hanya menambah cita rasa pada makanan, tapi juga mencerminkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap rasa pedas.

Tak pelak jika di kalangan masyarakat terdapat ungkapan ‘makan tanpa sambal terasa ada yang kurang.’ Fakta ini mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kuliner menggeluti bisnis sambal. Salah satunya adalah EatSambel.

Dengan menghadirkan konsep sambal kemasan, EatSambel mencari cara untuk mengoptimalkan pasarnya dan menyasar penggemar sambal di Indonesia, salah satunya melalui platform TikTok.

Yansen Gunawan, pendiri EatSambel, mengatakan bahwa TikTok membantu mempertemukan EatSambel dengan target pasar yang hendak dituju.

Selain itu, dengan rutin melakukan live, EatSambel dapat mendeskripsikan secara langsung cita rasa yang ditawarkan masing-masing varian sambal, serta menunjukkan tekstur dan bahan yang terkandung dalam produk pada calon pembeli.

“Bagi EatSambel, fitur live ini sangat cocok untuk mengiklankan makanan, karena para penonton bisa mendapatkan gambaran produk sebelum melakukan pembelian,” ujar Yansen yang akrab dipanggil Mas Yangun oleh pengikut EatSambel.

Sebelum menggunakan fitur belanja TikTok yang kini dikenal dengan Shop | Tokopedia untuk berjualan, Yansen sudah lebih dulu memanfaatkan TikTok untuk menunjukkan kreasi masakannya serta membangun kedekatan dengan penonton.

Salah satu ciri khas video-video unggahan EatSambel yang paling menarik adalah kehadiran kedai tradisional, tempat Mas Yangun memasak sambal. Elemen ini dihadirkan oleh Yansen untuk menekankan cita-citanya dalam menyebarkan resep-resep tradisional sambal yang diwariskan secara turun temurun di keluarganya pada masyarakat Indonesia.

Tidak seperti di kanal-kanal transaksi lainnya, diakuinya, TikTok itu ibaratnya semua fitur ada di satu tempat. Orang-orang bisa berbelanja dan bisa juga sambil melihat-lihat konten. Jika tidak tertarik untuk berbelanja, mereka bisa menonton video-video yang menghibur.

“Maka dari itu, proses migrasi Shop | Tokopedia yang hampir selesai ini ternyata berjalan lancar tanpa adanya hambatan yang merugikan pelaku usaha lokal seperti saya dan teman-teman UMKM lainnya, sehingga kami pun dapat terus berkarya dan berjualan di platform TikTok,” ungkap Yansen kepada awak media baru-baru ini.

EatSambel sendiri telah bekerja sama dengan beberapa kreator konten ternama seperti Fadil Jaidi, Chris Putra, dan Tanboy Kun.

Wawan Setiawan

Recent Posts

TikTok Ungkap Karakter Konsumen di Momen Mega Sales

MIX.co.id – Momen angka kembar di akhir tahun seperti 10.10, 11.11, dan 12.12 yang dikenal…

9 hours ago

SMOPI Garap Pasar Vape di Indonesia

MIX.co.id – Indonesia merupakan pasar potensial bagi industri vape atau rokok elektrik. Dengan jumlah pengguna…

10 hours ago

Purina Pro Plan Edukasi tentang Pentingnya Nutrisi bagi Hewan Peliharaan di IIPE 2024

MIX.co.id - Purina Pro Plan menggelar rangkaian talkshow pada “Indonesia International Pet Expo (IIPE) 2024”,…

12 hours ago

Passion Jewelry  dan Nyoman Nuarta Berkolaborasi Luncurkan Koleksi Perhiasan dengan 17 Desain Eksklusif

MIX.co.id - Passion Jewelry dan Nyoman Nuarta berkolaborasi eksklusif merilis koleksi perhiasan terbaru. Kolaborasi tersebut…

12 hours ago

AMD Perkenalkan Prosesor Terbaru Berbasis AI

MIX.co.id - Studi “AI Monitor 2024” terhadap 23.685 responden di 32 negara di dunia, termasuk…

13 hours ago

Kredit Pintar Jalin Kemitraan Strategis dengan PSM Makassar

MIX.co.id - Platform fintech lending Kredit Pintar menjalin kemitraan strategis dengan klub sepakbola PT Persaudaraan…

14 hours ago