MIX.co.id - Demi mendukung calon pengusaha kuliner Indonesia dalam menciptakan aneka kreasi produk sehat namun tetap bisa menguntungkan, PT Ajinomoto Indonesia menggandeng RR Event Planner menggelar webinar bertajuk "Be a Healthy Food Business Owner".
Diikuti oleh 426 peserta yang sebagian besar berprofesi sebagai mahasiswa jurusan Tata Boga serta pengusaha kuliner di wilayah Bali & Bandung, pada webinar ini Ajinomoto juga mengedukasi fakta informatif dan manfaat Bumbu Umami seperti Monosodium Glutamat (MSG).
Salah satu narasumber pakar yang hadir adalah Khoirul Anwar, S.Gz, M.Si, yang tercatat sebagai gizi sekaligus Kepala Program Studi Gizi Universitas Sahid Jakarta. Dia mengungkapkan bahwa pencegahan terhadap penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung, dan hipertensi, penting untuk memperhatikan anjuran dari Kementerian Kesehatan RI tentang pembatasan asupan gula, garam, dan lemak (GGL).
“Sebenarnya, jika kita ingin makanan yang kita konsumsi memiliki cita rasa yang tinggi sekaligus ingin diet rendah garam, menggunakan Bumbu Umami seperti MSG adalah solusinya. Banyak penelitian di luar negeri seperti di Jepang menunjukkan bahwa penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam. Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya sepertiga dari kandungan natrium pada garam dapur biasa,” jelas Khoirul.
Pada kesempatan ini, Horeka Dept PT Ajinomoto Indonesia juga membagikan sejumlah tips dalam mengkreasikan menu makanan yang tetap menerapkan pedoman gizi seimbang dan juga sangat profitable. Tips dan materi tersebut disajikan dengan mengulik dua menu, yaitu Beef Blackpepper Dosirak dan Oishi Niku Curry Udon. Kedua menu tersebut dipilih sesuai dengan maraknya Asian Cuisine di Indonesia saat ini dan bisa disajikan dalam bentuk dine-in atau pun delivery service.
“Kami merasa perlu menyebarkan fakta yang benar dan informatif tentang Bumbu Umami yang akan mendukung masyarakat Indonesia agar tetap sehat saat situasi pandemi Covid-19. Melalui webinar ini, kami harap para peserta dapat menyebarkan fakta informatif dan ilmiah tentang apa yang kami sampaikan hari ini kepada masyarakat atau komunitas yang lebih luas,” harap Katarina Larasati, Public Relations Manager PT Ajinomoto Indonesia.