Edukasi Motor Listrik Electrum melalui Kegiatan Touring

MIX.co.id – Motor listrik Electrum resmi ditunjuk sebagai penyelenggara kendaraan listrik yang menyediakan shelter motor listrik untuk mobilisasi peserta pada KTT G20 di area Nusa Dua, Bali.

Direktur Utama Electrum, Pandu Sjahrir, menyebutkan bahwa Electrum menjadi pionir kendaraan listrik di Indonesia. Electrum sendiri merupakan perusahaan patungan besutan PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) dan PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA).

“Selain berkomitmen membangun ekosistem kendaraan listrik, paralel kami ingin mendorong gaya hidup yang berkelanjutan dan ramah lingkungan kepada masyarakat melalui berbagai upaya, termasuk salah satunya melalui edukasi,” ujarnya kepada media di Jakarta baru-baru ini.

Edukasi yang dilakukan adalah pemahaman tentang ekosistem kendaraan listrik dan gaya hidup berkelanjutan yang dibangun Electrum. Ekosistem kendaraan listrik yang dimaksud adalah membangun infrastruktur dari hulu ke hilir secara terintegrasi.

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk terlibat dan mengadopsi penggunaan kendaraan listrik, untuk mencapai visi kami dan rekan kami GOTO, yaitu zero emission pada tahun 2030,” kata Pandu.

Untuk upaya edukasi inilah Electrum menggandeng konten kreator sekaligus komedian, Andre Taulany dan Surya Insomnia, agar dapat mengajak masyarakat menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

Andre dan Surya dikenal sebagai anggota dari The Prediksi, klub motor yang digagas Andre yang beranggotakan komedian dan aktor kawakan. Mereka berkesempatan untuk melakukan uji coba dan touring menggunakan motor listrik Electrum di Bali.

Untuk menjajal ketangguhan mesin Electrum, rombongan melakukan perjalanan touring dari Seminyak menuju area pantai Melasti, Uluwatu yang banyak tanjakan dan turunan. Electrum mampu melibas semua jalan tanjakan tanpa hambatan.

“Tadi masuk turunan, tanjakan, kuat banget, keren. Biasanya kalau bawa motor kecil (naik tanjakan) kita musti ancang-ancang dulu kasih speed, nah kalau ini nggak!” tutur Surya, mengomentari performa mesin Electrum.

Di tengah perjalanan, Andre dan Surya sempat meminta mitra driver Gojek untuk mengantarkan mereka melihat proses penukaran baterai motor listrik. Mitra driver Gojek dengan sigap mempraktekkan cara menukar baterai yang cepat dan mudah dengan konsep swap and go yang memakan waktu kurang dari 2 menit.

Selain itu, mitra driver Gojek juga memaparkan bahwa sejak penggunaan motor listrik, mereka dapat menghemat biaya operasional karena sudah tidak perlu membayar BBM dan melakukan servis motor seperti penggantian oli dan aki.

Sebelum kembali ke Jakarta, Andre dan Surya mengunjungi kawasan hutan Arboretum Mangrove, Jalan Raya Pelabuhan Benoa, Nusa Dua untuk menanam mangrove. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka syukuran pencapaian jarak tempuh Go Ride Electric 4 juta kilometer dalam waktu 8 bulan, melampaui dari target semula, yakni 1 juta kilometer pada akhir tahun. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)