Efektifnya Kampanye “12.12 Birthday Sale” dari Shopee

Kampanye festival belanja akhir tahun “12.12 Birthday Sale” yang baru saja digelar Shopee tercatat efektif lantaran mencatat kinerja yang cemerlang. Melalui kampanye “12.12 Birthday Sale” yang digelar pada 12 Desember 2020, Shopee berhasil menjual 12 juta produk dalam waktu 24 menit pertama dan mencatatkan penjualan tertinggi, dimana 1 juta produk terjual dalam 1 menit.

Dituturkan Chris Feng, Chief Executive Officer Shopee, “Kami senang dapat menutup akhir tahun dengan kesuksesan dalam Shopee 12.12 Birthday Sale. Mengingat, tahun 2020 merupakan tahun yang berbeda, kami ingin perayaan ulang tahun ke-5 ini menjadi hari yang spesial tidak hanya untuk Shopee, tetapi juga untuk orang-orang yang kami layani.”

Sementara itu, setiap harinya selama empat minggu, pengguna menikmati rangkaian hiburan dan penawaran fantastis hingga 12 Desember bersama lebih dari 2 miliar produk yang dapat dibeli. Pengguna juga menghabiskan lebih banyak waktu dalam game dan fitur di aplikasi Shopee, yang menawarkan berbagai hadiah serta voucher menarik.

Terbukti, selama kampanye ini, Shopee Live juga telah ditonton sebanyak 450 juta kali sepanjang satu bulan perayaan 12.12 Birthday Sale. Bahkan, In-app games Shopee telah dimainkan sebanyak 2,7 miliar kali. Selain itu, dua game terbaru di aplikasi Shopee, Shopee Bubble dan Shopee Candy, mendapatkan antusiasme yang tinggi dengan total dimainkan selama 28 juta jam.

Fakta menarik lainnya dari kampanye ini adalah peningkatan dalam aktivitas belanja online ternyata diikuti juga dengan peningkatan penetrasi pembayaran digital. Secara khusus, pengguna menikmati kenyamanan menggunakan ShopeePay, dompet digital milik Shopee, dimana transaksi menggunakan ShopeePay meningkat 18 kali lipat dibanding hari biasa.

“Di Indonesia, pengguna paling banyak menggunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran untuk membeli produk dalam kategori Perawatan & Kecantikan, Perlengkapan Rumah, serta Aksesoris Handphone,“ jelas Christin Djuarto, Direktur Shopee Indonesia.

Fakta lainnya dari kampanye ini, ternyata di Indonesia, perawatan wajah menjadi prioritas pertama pengguna dalam menyambut hari raya dan tahun baru. Hal itu ditunjukkan dengan terjualnya 4.000 produk tiap menitnya pada 12 Desember. Termasuk, masker wajah serta lipbalm menjadi produk terpopuler di Indonesia.

Dengan meningkatnya bisnis rumahan di tengah pandemi, lanjut Christin, para pelaku usaha memanfaatkan 12.12 Birthday Sale untuk membeli perlengkapan pendukung, di mana produk tempat penyimpanan terjual hingga mencapai 2,5 juta, salah satunya adalah packaging produk dan makanan.

Pada kampanye ini, rupanya permintaan yang besar juga terjadi di kategori Handphone & Aksesoris, di mana smartphone accessories terjual lebih dari 1,2 juta selama 24 jam pada 12 Desember.

“Selain itu, Shopee melihat aktivitas belanja online bertumbuh pesat di luar wilayah Ibukota, di mana Jawa Barat mencatatkan lebih dari 1,3 juta produk terjual dalam 1 jam pada puncak kampanye,” sambungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)