MIX.co.id - Merayakan empat dekade (40 tahun) eksistensinya di Indonesia, Kao menghadirkan Kirei Lifestyle Innovation yang mengangkat kualitas hidup masyarakat Indonesia. Dalam perayaan itu, Kao Indonesia didampingi oleh para pemangku kepentingan terhormat--baik dari tingkat global maupun nasional, termasuk perwakilan pemerintah, mitra, kolaborator, dan media--merefleksikan perjalanan perusahaan. Acara ini menghadirkan sejumlah pembicara, di antaranya Yoshihiro Hasebe (Presiden dan CEO Kao Corporation), Irene Umar (Wakil Menteri Ekonomi Kreatif Republik Indonesia), dan Putri Tanjung (CEO Trans Digital Lifestyle Group dan womenpreneur).
Perayaan ini tidak hanya sebagai apresiasi perjalanan historis perusahaan, tetapi juga menegaskan inovasi terobosan dan komitmen yang terus dibangun bersama konsumen, mitra, dan komunitas di Indonesia untuk mewujudkan Kirei Lifestyle Innovation dalam kehidupan sehari-hari.
Dituturkan Yoshihiro Hasebe, CEO Kao Corporation, pada hari ini (10/6), di Jakarta, “Dipandu oleh Global Sharp Top, kami berkomitmen untuk menjadi perusahaan global unggulan yang mampu memberikan nilai unik bagi konsumen serta menciptakan dampak positif bagi masyarakat melalui Kirei Lifestyle. Kirei adalah gaya hidup kami—hidup secara bertanggung jawab, bersih, indah, dan harmonis dengan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan."
Lebih jauh ia menegaskan, Regional Innovation project, Research & Development (R&D) Division Kao telah bekerja keras untuk menghadirkan inovasi bermakna yang didasarkan pada penelitian dan sains serta relevan dengan nilai serta kebutuhan konsumen, dengan tetap memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. "Dari edukasi kebersihan hingga advokasi keberlanjutan, perusahaan kami telah memainkan peran penting dalam membentuk perspektif hidup sehat bagi jutaan orang," ucapnya.
Indonesia, sebagai salah satu negara dengan karakteristik unik dan ekonomi yang tumbuh pesat di Asia Tenggara, mayoritas berpenduduk Muslim, serta didorong oleh pertumbuhan generasi muda, memiliki posisi strategis dalam visi global Kao. Menurutnya, proyek Regional Innovation, Research and Development (R&D) Division yang dibentuk di Indonesia merupakan bentuk nyata komitmen Kao dalam menghadirkan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan, kebiasaan, dan nilai-nilai lokal masyarakat Indonesia. Tak hanya menawarkan produk berkualitas terbaik, Kao Indonesia juga mendorong kolaborasi strategis dengan para pemangku kepentingan demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Pada kesempatan yang sama, Irene Umar, Wakil Menteri Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, mengatakan, “Peringatan 40 tahun Kao Indonesia menjadi momen refleksi atas warisan perusahaan, sekaligus menegaskan kembali tujuan perusahaan dalam peningkatan kualitas hidup dan kolaborasi lintas sektor yang mendukung pemberdayaan masyarakat Indonesia, khususnya perempuan. Di industri kreatif, perempuan adalah tulang punggung dan memegang peran penting dalam mengarahkan perekonomian ke arah yang baru, khususnya di sektor digital. Saya mendukung kolaborasi yang meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan perempuan. Saya mengapresiasi peran Kao Indonesia dalam menghadirkan kebutuhan dasar perempuan akan perawatan diri, yang tidak hanya penting untuk kesehatan dan kebersihan pribadi, tetapi juga menjadi fondasi dalam membangun rasa percaya diri, yang sangat dibutuhkan dalam mengembangkan potensi di industri kreatif."
Dia percaya bahwa kepercayaan diri merupakan fondasi pemberdayaan dan aktualisasi diri, yang memungkinkan perempuan untuk berkontribusi lebih besar dalam mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi.
Sementara itu, Putri Tanjung, womenpreneur dan CEO Trans Digital Lifestyle Group, menyampaikan, “Perempuan bukan hanya masa depan, mereka adalah katalis penggerak perubahan masa kini. Ketika kita mengadopsi gaya hidup Kirei, kita tidak hanya bicara tentang kebersihan atau kecantikan. Ini tentang hidup dengan kesadaran, tentang bagaimana kita merawat diri, menjaga semangat, dan terus melangkah dengan keteguhan hati setiap hari. Ketika seorang perempuan mengambil kendali atas hidupnya dengan tujuan, dampaknya menjalar jauh melampaui dirinya sendiri. Menjadikan nilai-nilai Kirei sebagai bagian dari hidup akan memberikan dampak besar bagi keluarga, komunitas, dan masa depan Indonesia.”
Dalam rangkaian perayaan 40 tahun, Kao Indonesia juga meluncurkan Biore Breeze Deodorant, inovasi terbaru yang dirancang dengan penuh kepedulian terhadap kebutuhan konsumen Indonesia, khususnya perempuan, dalam menjadikan perawatan diri sebagai rutinitas harian yang memperkuat rasa percaya diri dan menciptakan keseimbangan hidup.
Perempuan menjadi pusat dari upaya Kao Indonesia menjadikan perawatan diri lebih bermakna dan mudah diakses. Mengingat kondisi iklim Indonesia, mayoritas perempuan berhijab dan memiliki gaya hidup aktif, kebutuhan akan deodoran yang nyaman digunakan, mencegah bau badan, ramah di kulit, dan mudah diaplikasikan di berbagai bagian tubuh semakin meningkat.
Dengan teknologi Skin Breathable Tech, Biore Breeze Deodorant membantu mempercepat penguapan keringat tanpa menyumbat pori-pori, sehingga tetap bisa aktif dengan nyaman. Hal ini mencerminkan pergeseran ke arah perawatan diri yang penuh kesadaran, yang mendukung kenyamanan dan rasa percaya diri dalam keseharian.
Susilowati, Vice President Marketing Kao Indonesia, menerangkan, “Secara lokal, kami melihat adanya pergeseran perspektif, di mana konsumen kini mencari produk yang tidak hanya fungsional, tetapi juga melihat makna dan nilai di balik sebuah produk. Mereka menginginkan pilihan yang mencerminkan nilai dan prinsip hidup mereka. Peluncuran Biore Breeze Deodorant merupakan langkah berikutnya dalam inovasi nyata kami untuk meningkatkan kualitas hidup yang disesuaikan secara spesifik dengan kebutuhan lokal. Melalui peluncuran ini, kami berharap dapat memberdayakan setiap individu, terutama perempuan, untuk menjadikan perawatan diri sebagai rutinitas harian yang memperkuat rasa percaya diri dan menciptakan keseimbangan hidup. Kami percaya bahwa setiap produk harus memberikan lebih dari sekadar fungsi, tetapi harus mengangkat kehidupan, mencerminkan nilai, dan memberikan pengalaman yang menenangkan.”
Perayaan 40 tahun Kao Indonesia tidak hanya merayakan komitmen panjang terhadap kepedulian dan dampak sosial, tetapi juga memperkuat misi perusahaan dalam meningkatkan kualitas hidup dan menghadirkan lebih banyak senyuman melalui tindakan nyata yang berdampak bagi masyarakat Indonesia. Hingga tahun 2024, strategi ESG Kao Indonesia telah menjangkau lebih dari 100.000 pelajar di berbagai provinsi melalui edukasi kebersihan pribadi dan program Sekolah Sehat.
Dalam kunjungannya, Hasebe juga mengikuti sesi edukasi tentang kebersihan di Pesantren Alkenaniyah sekaligus melakukan penyerahan donasi. Selain itu, Kao Indonesia meresmikan Sistem Tenaga Surya 6,53 MWp di fasilitas produksi pabrik Karawang—terbesar di antara grup Kao, memberdayakan 11 bank sampah di Kelurahan Cikoko, serta pemberdayaan perempuan melalui Ibu Posyandu dan realisasi program Kao BERSERI untuk menyediakan paket produk kebersihan yang mendukung CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental sustainabilty) di homestay dan komunitas desa wisata.
Kao Indonesia juga menjalankan inisiatif Extended Producer Responsibility (EPR) dengan mengumpulkan 100 ton limbah kemasan pascakonsumsi melalui kemitraan dengan Waste4Change. Ke depan, Kao Indonesia tetap berkomitmen pada inovasi yang dilandasi tujuan mulia dengan kepedulian terhadap lingkungan, memastikan bahwa setiap tindakan kecil memiliki makna yang berkelanjutan bagi manusia dan lingkungan.