Empat Tahun Perkembangan Bisnis Shipper di Indonesia

MIX.co.id - Tahun ini, Shipper Indonesia (www.shipper.id) genap berusia empat tahun. Sejak beroperasi di Indonesia sebagai penyedia layanan aggregator logistik pengiriman barang dan pergudangan pada 2017 lalu, Shipper terus mengembangkan bisnisnya.

Kali ini, Shipper mengusung tema “#ShipperuntukIndonesia” pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-4. Tema besar ini menandai empat tahun perjalanan Shipper di Indonesia sekaligus menjadi tanda keseriusan Shipper untuk terus berkontribusi dalam memajukan masyarakat Indonesia dengan memberikan layanan logistik yang memudahkan kegiatan operasional seluruh pelaku usaha di Indonesia.

Fokus program #ShipperuntukIndonesia adalah untuk mendorong layanan logistik yang berkualitas dan memberikan akses logistik yang lebih luas serta merata kepada pelaku usaha, mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, serta memberikan nilai tambah berupa dampak sosial yang positif kepada masyarakat.

Tak hanya itu, pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia juga selalu menjadi salah satu fokus utama Shipper, sehingga tercatat sudah lebih dari 10.000 UMKM yang didukung Shipper. Selain itu, Shipper juga kerap menggelar kegiatan yang dapat meningkatkan kapabilitas pemahaman seputar logistik kepada para pemangku kepentingan. Antara lain, melalui program Shipper Academy, Shipper Seller Series, dan Shipper Journalist Academy.

Kini, bisnis Shipper telah berkembang pesat. Jika pada awal berdiri Shipper hanya memiliki 40 unit gudang, kini jumlahnya telah menjadi lebih dari 300 gudang di 35 kota di seluruh Indonesia. Selain itu, Shipper telah mengembangkan basis pelanggannya dari 2.700 menjadi lebih dari 20.000 penjual online, termasuk ratusan perusahaan papan atas di berbagai industri.

Bahkan, pandemi yang menghantam berbagai sektor, juga tidak menghalangi Shipper untuk terus berkembang. Shipper berhasil menambah lebih dari 400 pekerjaan, sehingga kini Shipper memiliki lebih dari 1.900 karyawan.

Selain kinerja bisnis, Shipper juga telah menerima berbagai penghargaan seperti “The Most Innovative Digital Logistic Company” dari Bisnis Indonesia Award 2021, Top Company 2021 by Y Combinator, 15 Linkedin Top Startups in Indonesia, serta #GenTList2021 Leader of Tomorrow untuk Budi Handoko selaku COO & Co-Founder Shipper Indonesia.

“Shipper percaya bahwa pencapaian dan penghargaan yang kami peroleh dapat dicapai berkat kolaborasi dan dukungan masyarakat, sehingga akan terus bertekad memberikan sumbangsih kepada masyarakat melalui layanan logistiknya untuk menciptakan nilai-nilai bersama,” papar Phil Opamuratawongse, Co-Founder & CEO Shipper Indonesia.

Ditambahkan Budi Handoko, CO-Founder & COO Shipper, “Merupakan kebanggaan bagi Shipper dapat bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung program yang berdampak bagi kesejahteraan masyarakat. Contohnya, Shipper telah bekerja sama dengan Kemenkes dan MRTJ untuk program penanggulangan Covid, dengan Sehati Group dalam mendukung kesehatan ibu dan bayi serta penanggulangan stunting di Indonesia. Kami berharap ini dapat terus berlanjut dan seluruh stakeholders kami dapat terus terlibat.”

Selain itu, Shipper juga menyerahkan apresiasi kepada mitra strategis yang dinilai telah membantu Shipper mencapai visinya, seperti “Apresiasi untuk Kolaborasi Peningkatan Daya Saing UMKM Industri Halal” yang jatuh kepada Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), “Apresiasi untuk Kolaborasi Pemberdayaan Bisnis Digital UMKM” yang jatuh kepada GoStore, dan “Apresiasi Media untuk Dukungan Informasi Logistik Digital” yang jatuh kepada Bisnis Indonesia Group.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)