MIX.co.id - Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) sedang digelar di Jakarta, pada 25-27 Oktober 2024. Pameran tersebut hadir untuk memastikan kemungkinan merek waralaba Korea memasuki pasar halal. Kementerian Pertanian Korea dan Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation (aT Center) turut berpartisipasi pada pameran tersebut.
Dalam pameran itu, enam restoran Korea hadir dalam booth Korea Pavilion untuk mempromosikan menu-menu makanan Korea dengan citarasa yang unik dan juga otentik. Keenam brand restoran tersebut dapat berpartisipasi setelah melalui proses seleksi dari aT Center yang cukup panjang.
“Jadi, ada ratusan brand restoran Korea yang mendaftar kepada kami (aT Center), kemudian kami adakan seleksi berupa interview hingga akhirnya terpilih enam restoran," ungkap Lee Seung Hoon, Chief Representative Korea Agro-Trade Center (aT Center) Jakarta, pada hari ini (25/10), di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.
“Keenam restoran ini sudah sangat mengetahui jika pasar makanan Korea memiliki potensi yang sangat tinggi di Indonesia. Kebetulan perusahaan-perusahaan ini juga sudah memiliki target untuk membuka franchise di luar negeri, jadi mereka tertarik ikut expo ini untuk mendapatkan buyer yang potensial di Indonesia,” sambung Lee.
Lebih jauh Lee menjelaskan bahwa makanan Korea memiliki keunikan sendiri sehingga dapat bersaing dengan produk dari negara lain seperti Cina dan Jepang yang cukup banyak di Indonesia. Selain itu, beberapa makanan Indonesia, pun memiliki kesamaan dengan Korea sehingga akan lebih mudah untuk restoran Korea berekspansi ke Indonesia.
“Makanan orang Indonesia itu kan mirip dengan Korea sebenarnya. Jika di Indonesia ada sambal, di Korea ada Gochujang untuk citarasa pedasnya. Hanya saja, makanan Korea itu kan banyak yang fermentasi dan terbuat dari sayuran, sehingga lebih sehat dibandingkan dengan makanan lainnya. Kami rasa, itu yang menjadi keunggulan dari makanan kami untuk bersaing di pasar Indonesia,” ungkap Lee.
Saat ini, aT Center tidak memiliki target tertentu dalam keikutsertaan FLEI 2024. Mengingat, pameran ini baru diadakan kembali setelah sempat terhenti karena Pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh dunia.
“Kalau untuk angka pasti tidak ada, karena ini pameran pertama setelah Pandemi. Tujuan utama kami adalah memperkenalkan brand restoran ini kepada masyarakat Indonesia sehingga memiliki buyer potensial dan berekspansi di Indonesia.
Selain memperkenalkan brand restoran Korea, Korea Pavilion juga menghadirkan beragam aktivitas menarik seperti cooking show dengan para ahli kuliner, talk show brand makanan Korea dan juga survey berhadiah produk makanan, dan minuman Korea," paparnya.
Pada sesi cooking show, para pengunjung juga dapat mencoba berbagai menu makanan Korea, seperti Tteokbokki, Chicken Gangjong, K-Pop Chicken, Rose Tteokbokki, Bulgogi Quesadilla dan Chicken Tangsuyuk.
Adapun enam restoran Korea yang hadir di pameran adalah Cravy for chicken: BY4MFNT Corp, Pizza Maru: Food Zone Co.,LTD, Twozzim: KIYOUNG F&B, Bobaebanjum: BOBAE F&B CO., LTD., Yeok Jeon Halmaek: YEOK JEON FnC Inc., dan Samcheop Bunsik: CGF Co., Ltd.
Seluruh brand tersebut sudah sering tampil dalam beberapa variety show dan juga drama Korea populer. Sebut saja Samcheop Bunsik yang pernah menjadi bagian dari acara Running Man. Kemudian, Kiyoung Chicken yang pernah disantap oleh para member BTS dalam acara BANGTANTV.