Esri Indonesia Luncurkan GeoInnovation Challenge Pertama di Indonesia

Esri Indonesia menyelenggarakan GeoInnovation Challenge, ajang kompetisi pertama di Indonesia yang bertujuan mengeksplorasi dan mempromosikan terobosan solusi geospasial untuk membantu industri lokal beradaptasi di era pandemi Covid-19.

“Melalui penyelenggaraan GeoInnovation Challenge ini  diharapkan muncul solusi inovatif dari para komunitas geospasial yang dapat membantu industri lokal di Tanah Air beradaptasi di era pandemi,” ujar CEO Esri Indonesia, Achmad Istamar, dalam acara jumpa media melalui virtual Zoom pada Kamis (15/10) di Jakarta.

Mengusung tema “Geo-enabling data driven decisions in the face of the new normal” pihaknya mengundang para komunitas geospasial untuk menghadirkan solusi inovatif yang dirancang untuk mengatasi berbagai masalah di industri yang akhirnya dapat mendorong pemulihan ekonomi Indonesia.

Dipaparkan, teknologi geospasial terbukti penting dalam membantu organisasi membuat perencanaan kelangsungan bisnis, di samping teknologi ini menjadi jantung dari upaya penanggulangan Covid-19 secara global.

Selain memvisualisasikan data pada peta, teknologi geospasial memungkinkan pengguna memanfaatkan potensi teknologi Industri 4.0 dengan lebih baik seperti IoT, AI, dan pembelajaran mesin. Kemampuan ini memungkinkan organisasi untuk membuat keputusan yang terinformasi dengan baik seperti meningkatkan operasi bisnis, hingga mengoptimalkan sumber daya dan membangun ketahanan bisnis.

Banyak perusahaan di dunia yang menggunakan teknologi geospasial untuk membantu mereka memenuhi tuntutan pekerjaan. Terlebih di saat pandemi, pemilik bisnis sangat membutuhkan aplikasi seluler yang dapat membantu memahami bagaimana fasilitas dan operasi mereka dipengaruhi oleh Covid-19.

Menurutnya, masa-masa sulit dapat melahirkan sebuah  inovasi besar. “Setelah melihat pekerjaan transformatif yang dilakukan oleh komunitas geospasial, kami sangat bersemangat untuk melihat bagaimana mereka menguji batasan apa yang dapat dilakukan teknologi geospasial untuk memecahkan berbagai masalah saat ini, yang tidak dapat diselesaikan secara tradisional,” kata Istamar tandas.

Esri Indonesia GeoInnovation Challenge telah dibuka sejak 30 September hingga 20 November 2020. Informasi bisa diakses melalui web esriindonesia.co.id/geo-innovation-challenge-2020. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)