News Trend

Eventori dan IMARINDO Hadirkan Gerakan #CintaKitaBersama

MIX.co.id – Industri hiburan merupakan salah satu sektor yang paling terdampak akibat pembatasan mobilitas demi menekan laju penularan Covid-19. Kendati masih ada musisi yang produkti dalam membuat lagu dan film, namun tak sedikit juga yang tak mampu mendapatkan peluang tersebut. Banyak dari pekerja industri hiburan yang kehilangan pekerjaan, termasuk harus menghadapi masalah kesehatan.

Berangkat dari fenomena itu, platform kolaborasi industri hiburan terbesar di Indonesia, Eventori, menjalin kerja sama dengan Ikatan Manajer Artis Indonesia (IMARINDO) menggagas gerakan #CintaKitaBersama.

Gerakan ini terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia. Untuk dapat berpartisipasi, masyarakat cukup dengan menonton video musik “Kita Bersama” dari penyanyi asal Bali, Cinta Wirawan. Selanjutnya, Eventori dan IMARINDO akan mengonversi view di YouTube tersebut dalam rupiah, yang selanjutnya akan disalurkan kepada para pekerja industri hiburan yang terdampak pandemi.

Setiap view di video musik “Kita Bersama” yang tayang di YouTube akan dikonversi senilai Rp 50. Dalam satu bulan, 19 Agustus – 19 September 2021, diharapkan terkumpul satu juta view sehingga akan terkumpul Rp 50 juta yang akan dibagikan dalam bentuk bantuan kepada pekerja industri hiburan. Selain itu, ada juga program kompetisi menyanyikan cover lagu “Kita Bersama” di media sosial untuk mengamplifikasi pesan solidaritas dari gerakan ini.

“Ide awal gerakan ini datang dari Cinta. Dia talent Eventori yang tinggal di Bali. Dia sedih dan resah melihat Pulau Dewata yang sepi akibat pandemi. Dia melihat sendiri ayahnya, seorang wedding organizer yang sepi job dan harus berjuang dengan segala cara untuk mempertahankan kondisi ekonomi keluarga. Dia diskusi dengan kami dan dari diskusi itu lahirlah ide gerakan ini,” terang Rio Abdurrachman, CEO Eventori, pada saat konferensi pers yang digelar secara virtual hari ini (19/8).

Sebelumnya, Cinta sudah berkolaborasi dengan Eventori melalui singgel “Sakit Bila Dipendam” karya Denny Chasmala. Cinta adalah pemenang #DiRumahAjaChallenge2, program pencarian bakat yang diselenggarakan Eventori pada awal masa pandemi 2020.

Ditambahkan Nanda Persada, Ketua Umum IMARINDO, “Walaupun dari luar tampak glamor dan gemerlap, dunia hiburan itu punya banyak dimensi. Ada pekerja-pekerja industri di balik layar yang sekarang kehilangan pekerjaan. Kalaupun ada pekerjaan, pendapatannya sudah tidak seperti dulu. Ada artis, penyanyi, dan profesional industri hiburan yang sakit dan butuh dukungan, dan masih banyak lagi. Itu sebabnya, bersama Eventori, kami menginisiasi gerakan ini.”

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang hadir pada peluncuran ini, turut mengapresiasi gerakan ini. “Saya mengapresiasi gerakan ini. Terasa betul ide ini genuine, datang dari pengamatan seorang anak belasan tahun yang baru masuk di industri hiburan. Ini membuktikan bahwa solidaritas atau gotong royong kita dalam menghadapi situasi penuh tantangan ini bisa datang dari siapa saja,” ucapnya.

Diuraikan Sandiaga, Pada 2019, sektor industri kreatif menyerap sekitar 17 juta tenaga kerja dan memberi kontribusi ekonomi sekitar Rp 1.105 triliun terhadap PDB Indonesia. Sebagian dari angka kinerja tersebut disumbang oleh sektor industri hiburan. Angka ini tentu saja terkoreksi setelah pandemi. “Oleh karena itu, saya berharap semangat dari gerakan ini dapat meluas dan mampu menjaga spirit kebersamaan,” harapnya.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Sipetek Food, Sukses Manfaatkan Komoditas Lokal

MIX.co.id – Menjalankan bisnis dengan memanfaatkan potensi dan komoditas lokal, inilah yang banyak dilakukan para…

2 hours ago

Pajak.io Suguhkan Solusi Perpajakan bagi Korporasi

MIX.co.id – Sistem perpajakan yang kompleks kerap menjadi tantangan bagi korporasi untuk memenuhi kewajiban pajak…

3 hours ago

Ekonomi Keberlanjutan dan ESG Jadi Fokus Bahasan di “DBS Asian Insights Conference 2024”

MIX.co.id - Bank DBS Indonesia kembali menggelar “DBS Asian Insights Conference 2024”. Digelar pada hari…

4 hours ago

Indomilk Steril Luncurkan Kampanye Pemasaran Berbasis AI, Seperti Apa?

MIX.co.id - Saat ini, tak sedikit pemasar di Tanah Air berlomba-lomba memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence…

4 hours ago

Panasonic Gobel Tahun 2024 Targetkan Growth 102%

MIX.co.id – PT Panasonic Gobel Indonesia berhasil memperkuat posisinya di pasar elektronik Tanah Air. Hal…

5 hours ago

Kupas Tuntas “Membangun Bisnis yang Tangguh” di Grab Business Forum 2024

MIX.co.id - Program tahunan Grab Business Forum kembali digelar Grab Indonesia. Digelar pada pertengahan Mei…

5 hours ago