Facebook Gandeng Indosat Untuk Kemudahan Mengakses Internet.org

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, secara resmi mengumumkan kepada public di Indonesia bahwa program Internet.org sudah bisa dinikmati di seluruh dunia termasuk Indonesia. “Kami baru saja meluncurkan Internet.org di Indonesia! Ini adalah tahap lanjutan untuk menghubungkan seluruh dunia,” Kata Zuckerberg dalam laman akun Facebook pribadinya, pada Jumat (17/4/2015).

markzuckerberg Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg

Internet.org adalah inisiasi yang diprakarsai Facebook untuk menyediakan akses internet ke daerah-daerah terpencil yang belum terjamah. Menyasar area sub-urban, internet.org yang dilahirkan oleh Facebook bekerjasama dengan para pimpinan teknologi, komunitas nirlaba serta komunitas lokal daerah setempat untuk mengembangkan wilayahnya agar “melek” internet dan mempergunakannya untuk terkoneksi dengan dunia luar dan turut serta menjadi jembatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam ekspansinya ke Indonesia, Internet.org menggandeng kemitraan dengan operator seluler Indosat. Jika Anda membuka situs Internet.org saat ini, bakal ada kalimat yang menginstruksikan untuk menggunakan layanan operator Indosat. “Anda harus menggunakan jaringan Indosat untuk mengakses Internet.org. Jika Anda ingin mengakses situs web ini secara gratis, gunakan SIM dari Indosat,” seperti yang tertera dalam situs Internet.org.

Situs internet.org menampilkan beberapa situs lokal yang bisa diakses dengan gratis. Zuckerberg juga mengatakan, mulai hari ini (17/4/2015), masyarakat di Indonesia memiliki kesempatan yang lebih luas untuk memanfaatkan internet. “Masyarakat Indonesia bisa mengakses layanan internet gratis di ranah pencarian pekerjaan, kesehatan, pendidikan, dan komunikasi pada jaringan Indosat,” katanya.

Sementara itu, dalam rangkaiannya melakukan kampanye internet.org di beberapa Negara, Zuckerberg juga sempat bertandang ke Indonesia untuk meninjau beberapa aktivitas yang terkait dengan teknologi komunikasi. Kala itu, Zuckerberg bertandang ke Indonesia untuk melihat aktivitas yang berhubungan dengan teknologi komunikasi di Tanah Air. Ia juga menyempatkan diri berkunjung ke Taman Kampoeng Cyber di Yogyakarta untuk bertemu komunitas yang memperhatikan konektivitas internet lokal.

“Saya berbincang dengan para pemilik toko di sana dan itu sangat menginspirasi. Kita bisa tahu bahwa konektivitas dapat membantu orang membagi talenta dan idenya ke seluruh dunia,” kata Zuckerberg. Lanjutnya, Internet.org bakal menurunkan harga akses internet agar bisa diakses lebih banyak orang. "Selanjutnya Internet.org bakal ada di negara-negara lain untuk menghubungkan dunia,” Tandas Zuckerberg.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)