Facebook Incar UKM di Bandung

facebook

Sejak diluncurkan pada tahun lalu, program “Boost Your Business” atau “Tingkatkan Bisnis Anda” yang dikembangkan Facebook tampak makin massif mengincar segmen UKM (Usaha Kecil Menengah). Program yang telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 350 UKM di Indonesia itu, pertengah Februari 2016 ini mulai mengincar para UKM di Bandung.

Clair Deevy, Head of Economic Growth Initiatives, APAC for Facebook mengatakan, “Langkah ini merupakan bagian dari investasi berkelanjutan kami untuk UKM di Indonesia, para pengembang, dan 82 juta masyarakat Indonesia yang menggunakan Facebook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Facebook telah memberikan kontribusi nilai ekonomi sebesar US$ 35 miliar dan menciptakan 1.340.000 lapangan pekerjaan di seluruh Asia Pasifik melalui pemasaran, platform, serta konektivitas yang kami upayakan (2015 Deloitte report).”

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa Facebook senantiasa kagum melihat bagaimana UKM di Indonesia menggunakan Facebook untuk mencapai kesuksesan dan mendorong terciptanya nilai ekonomi. “Kami berharap untuk dapat membantu lebih banyak UKM lagi. Program kami ini dirancang untuk membantu UKM dengan efektif dan menjangkau pasar, pelanggan, dan kesempatan baru dengan mudah,” tegasnya.

Sementara itu, dikatakan Walikota Bandung Ridwan Kamil, “Facebook sebagai platform media sosial terbesar di dunia sangat cocok untuk membantu dalam mewujudkan misi kami untuk mempenetrasi pasar ASEAN. Program ini diharapkan bisa mendorong produk-produk kreatif Bandung agar bisa memasarkan produk mereka secara kompetitif di Facebook dan belajar untuk memasarkan produknya secara online ke pasar Internasional yang lebih luas.”

Salah satu UKM di Bandung yang telah sukses memanfaatkan Facebook seebagai tools pemasarannya adalah Brodo. Perusahaan sepatu asal Indonesia yang digawangi oleh dua insinyur lulusan ITB itu, pada awalnya memiliki ide sederhana untuk mulai menggunakan Facebook dalam mempromosikan produk mereka, hingga akhirnya mencapai penjualan hingga 5 kali lipat.

Menggunakan bakat mereka dalam hal presisi dan struktur, pendiri Brodo mengkombinasikan seni dan sains untuk menghasilkan sepatu berkualitas tinggi. Brodo kini memiliki 118 pegawai untuk membantu mereka membuat sepatu buatan mereka. Demi mendapatkan solusi paling mudah dan efektif untuk mencapai tujuan bisnis mereka, Brodo memutuskan untuk menggunakan Facebook Page sebagai perangkat untuk mendorong penjualan online dengan mem-posting foto berkualitas tinggi dari produk terbaru berikut link ke situs perusahaan mereka.

Muhammad Yukka Harlanda, CEO Brodo, mengatakan, “Kami menyadari bahwa dengan produk yang kami miliki, kami hanya perlu perangkat untuk memasarkan produk kami dengan efektif. Pada akhirnya banyak orang mengikuti brand kami dan menjadikannya semakin diminati melalui Facebook Page kami.”

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)