News Trend

FAKTA MARKETING DI BALIK SARUNG LISA BLACKPINK

Lisa BLACKPINK memulai tren baru setelah memposting foto perjalanannya ke kota Ayutthaya mengenakan sarung. Dalam waktu sehari, harga dan permintaan sarung tersebut melonjak. Pengaruh Lisa menghidupkan kembali minat terhadap pakaian tradisional Thailand.

Serahkan kepada Lalisa “Lisa” Manoban dari BLACKPINK untuk memulai tren. Sang idola K-pop itu berhasil memulai tren baru. Hanya sehari setelah penyanyi BLACKPINK ini memposting foto perjalanannya ke kota Ayutthaya dengan mengenakan sarung, harga dan permintaan sarung tersebut melonjak, demikian menurut pemilik sebuah toko kain.

Foto Lisa dengan sarung sutra bermotif unik ini telah mendorong peningkatan besar dalam permintaan dan penjualan bahan tersebut. Efek dari unggahan Lisa dan keputusannya untuk memakai kain tradisional Thailand bukan hanya menyoroti pesona Ayutthaya, tetapi juga merangsang kembali ketertarikan terhadap pakaian tradisional Thailand.

Yang dilakukan Lisa telah memberikan keuntungan ekonomi bagi pedagang kain setempat dan berperan dalam menjaga warisan budaya Thailand. Ayutthaya adalah sebuah kota bersejarah di Thailand yang dikenal dengan nama lengkapnya, Phra Nakhon Si Ayutthaya. Kota ini pernah menjadi ibukota Kerajaan Ayutthaya, yang ada dari tahun 1351 hingga 1767.

Ayutthaya sangat terkenal dengan situs-situs arkeologi dan reruntuhan kuil-kuil Buddha yang megah, banyak di antaranya telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Sarung Lisa berasal dari toko kain Charn Ruean di provinsi Udon Thani. Pemiliknya, Suwimon Chaiwong, 61 tahun, adalah ibu dari aktris Diana Flipo, yang kebetulan merupakan teman dekat Lisa.

Suwimon mengungkapkan bahwa setelah postingan Lisa, toko tersebut telah melihat lonjakan jumlah pelanggan, banyak di antaranya diberitahu untuk masuk ke daftar tunggu selama satu bulan karena sarung tersebut harus ditenun dengan tangan.

Selain itu, orang-orang juga terlihat menyewa kain serupa dan memposting foto yang diambil di tempat-tempat wisata di Ayutthaya.

Dalam perjalanan Lisa ke Ayutthaya yang dibagikan melalui akun Instagram pribadinya pada hari Senin, bintang BLACKPINK ini diketahui mengunjungi tiga kuil – Wat Mahathat, Wat Na Phra Men, Wat Mae Nang Plum – serta mampir ke restoran Kao Lao Ao, yang masuk dalam daftar Michelin Guide Thailand.

Setelah foto-foto tersebut diposting, para penggemar berbondong-bondong memberikan komentar yang mengungkapkan kekaguman mereka terhadap Lisa, dan mereka akan mengikuti jejaknya dan check-in di lokasi yang sama.

Apapun yang dilakukan Lisa, harapkan penggemar akan mengikuti jejaknya dengan penuh semangat. Tahun lalu, dia makan di sebuah toko barbekyu moo krata di Chokchai dan memposting foto pengalamannya, yang mengakibatkan arus masuk pelanggan yang besar menuju restoran tersebut.

Lisa BLACKPINK sedang berada di tanah kelahirannya, Thailand, setelah menyelesaikan konser dunia bertajuk ‘Born Pink World Tour’. Gaya penampilannya saat pulang kampung ini menjadi sorotan, yang tampak berbeda dengan penampilannya yang selalu glamor dengan full makeup di atas panggung.

Page: 1 2

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

BluAcademy, BCA Digital “The Best Cause Promotion Program” Indonesia Corporate Sustainability Initiatives 2024

MIX.co.id - Tahun 2023, BCA Digital secara proaktif dan konsisten menginisiasi kegiatan literasi, edukasi, dan…

2 hours ago

Rayakan Hari Ibu, Prenagen Kampanye #KauBegituSempurna

MIX.co.id – Memperingati Hari Ibu, Kalbe Nutritionals melalui salah satu produknya Prenagen Lactamom meluncurkan kampanye…

4 hours ago

Clinic Start to Change Erha “The Best Circular Economy Program” Indonesia Corporate Sustainability Initiatives 2024

MIX.co.id - Sebagai bagian dari tanggung jawab sosialnya, Erha Clinic meluncurkan program circular economy "Start…

5 hours ago

Dukung SDGs, Smartfren Jalankan Inisiatif Keberlanjutan Berbasis Corporate Value “Panca Garda”

MIX.co.id - Sepanjang 2024, Smartfren telah menggelar rangkaian program corporate social responsibility (CSR) melalui lima…

8 hours ago

BAGAIMANA MENJEMBATANI KESENJANGAN SIKAP PROIDUK HIJAU?

Isu keberlanjutan kini menjadi fokus global, mendorong perusahaan dan masyarakat untuk menemukan cara yang dapat…

9 hours ago

Hadir di Indonesia, Tumbler frank green Usung Sustainable Lifestyle

MIX.co.id - Pada kehidupan modern saat ini, berbagai aktivitas manusia sering memberikan dampak buruk terhadap…

2 days ago