MIX.co.id – PT Fajar Anugrah Media (FAM) berkomitmen untuk memajukan rantai nilai halal (halal value chain) di Tanah Air. Komitmen tersebut dielaborasikan dengan menyelenggarakan pameran halal lifestyle dan industri bertajuk “Halal Move On Fest Ramadhan 2023” yang digelar di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan, selama 3 hari (31 Maret – 2 April).
Pameran menyuguhkan berbagai produk halal, mulai food, fashion, travel, kesehatan, properti syariah, rumah sakit syariah, edukasi, hingga aneka produk halal lainnya.
Andi Sasongko selalu Ketua Penyelenggara menyampaikan, event pameran digelar di momentum Ramadhan tahun ini dan merupakan pameran perdana. “Kami ingin berperan aktif dalam ikut serta memajukan halal value chain yang digalakkan pemerintah,” ujarnya dalam keterangan pers, Jumat (31/3), di Jakarta.
Seperti diketahui, kondisi ekonomi dan keuangan syariah terus tumbuh meningkat di tengah berbagai tekanan ekonomi global. Tahun ini Bank Indonesia memperkirakan sektor prioritas halal value chain yang terdiri dari sektor pertanian, makanan dan minuman halal, fesyen muslim, dan pariwisata ramah muslim akan tumbuh sebesar 4,5% - 5,3%, diikuti dengan pertumbuhan pembiayaan perbankan syariah sebesar14% - 16%.
Terbukti di tahun 2022 lalu, Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-4 dalam Global Islamic Economy Indicator (GIEI) yang diterbitkan oleh DinarStandard, Dubai, Uni Emirate Arab. Posisi Indonesia berada di bawah Malaysia, Saudi Arabia, dan Uni Emirat Arab.
“Meski baru, setidaknya kami berikhtiar terbaik untuk selalu mendukung pemerintah dalam menguatkan pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia melalui event ini,” diakuinya.
Saat ini tercatat ada lebih dari 130 peserta exhibitor yang mengikuti pameran, terdiri dari 80 – 90 brand dari beragam industri halal.
“Kami berharap pameran Halal Move On Fest Ramadhan tahun ini menjadi bagian pendorong tumbuhnya ekonomi syariah di Indonesia agar semakin meluas,” kata Andi Sasongko tandas. ()