Memperingati 10 tahun kehadirannya di Indonesia, JobStreet.com Hadirkan Fitur “Company Reviews”. Fitur ini bertujuan memberikan informasi kepada pencari kerja mengenai latar belakang sebuah perusahaan secara transparan.
Fitur Company Reviews mudah digunakan oleh para pekerja untuk memberikan ulasan mengenai perusahaan dan lingkungan kerja mereka. Ulasan yang tersedia dapat dijadikan acuan bagi para pencari kerja untuk mengetahui latar belakang sebuah perusahaan dalam proses melamar pekerjaan.
“Dengan memanfaatkan fitur ini, pencari kerja akan mengetahui hal-hal berkaitan dengan perusahaan yang dilamar karena pemberi informasi adalah para pekerja dan mantan pekerja di perusahaan tersebut. Informasi ini sangat bermanfaat bagi pencari kerja dalam menentukan perusahaan mana yang akan ia lamar,” papar Jake Andrew, Chief Product Officer of SEEK Asia (induk perusahaan JobStreet.com).
Kendati demikian, sambung Adrew, demi kenyamanan pemberi informasi, identitas mereka akan dirahasiakan karena semua ulasan bersifat anonim. Di sisi lain, perusahaan juga dapat memberikan tanggapan terhadap ulasan yang tersedia.
Perbincangan mengenai lingkungan kerja, biasanya dilakukan secara kasak-kusuk dan tertutup diantara teman-teman sendiri. Habit itulah yang oleh Fitur Company Reviews berusaha dijadikan lebih terstruktur sekaligus tempat berkumpul dimana semua perbincangan terjadi secara transparan. “Ulasan-ulasan yang diberikan dimonitor agar memenuhi aturan komunitas yang dibuat oleh Jobstreet.com. Dengan demikian ulasan-ulasan tersebut akan bermanfaat bagi pencari kerja di Indonesia, sekaligus menghindari spam dan penyalahgunaan,” tambahnya.
Melalui fitur ini, menurutnya, kedua pihak baik pencari kerja dan penyedia kerja memperoleh manfaat. Pencari kerja mendapat informasi berharga mengenai perusahaan yang dilamar dari sumber terpercaya yakni para pekerja dan mantan pekerja di perusahaan yang dilamar. Informasi ini akan membantu mereka menentukan perusahaan yang cocok untuk mereka.
Sementara, perusahaan penyedia kerja juga diuntungkan karena mereka menerima lamaran kerja dari orang-orang yang lebih antusias terhadap perusahaan, dan fokus pada para pelamar yang lebih siap dengan lingkungan kerja. Perusahaan juga dapat memberikan tanggapan terhadap komentar para pelamar kerja, mengkomunikasikan tunjangan dan fasilitas yang disediakan perusahaan (employer value proposition) serta memberikan gambaran terkini dari lingkungan kerja perusahaan.
...