MIX.co.id - Kemasan atau packaging merupakan salah satu elemen penting dalam meningkatkan nilai jual produk. Sayangnya, kemasan kerapkali menjadi kendala utama pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menegah) maupun pelaku usaha berskala besar dalam mengembangkan bisnis.
Dituturkan Michael Jusanti, CEO dan Co-Founder FlexyPack, pada konferensi pers yang digelar virtual hari ini (23/2), “Packaging merupakan salah satu kendala utama yang cukup sering dihadapi para pelaku bisnis baik UMKM maupun skala besar. Seperti diketahui, kemasan memiliki peran penting dalam menjaga keamanan produk, terutama produk makanan yang tidak dapat bertahan dalam jangka panjang. Bahkan, penampilan packaging sangat penting untuk membuat produk lebih menarik dan lebih banyak diminati oleh konsumen.”
Menjawab kebutuhan tersebut, startup lokal FlexyPack hadir membantu pemilik bisnis dari segala ukuran usaha, mulai dari UMKM sampai usaha besar, untuk memaksimalkan daya jual produknya dengan cepat melalui kemasan yang efektif.
“Kami menawarkan kemasan yang dapat memberikan perlindungan sekaligus higienis bagi produk, dengan minimum order yang rendah serta harga yang terjangkau. FlexyPack juga didukung dengan desain yang inovatif,” lanjutnya.
Lebih jauh ia menegaskan, FlexyPack didirikan untuk menjangkau seluruh lapisan usaha dari skala UKM hingga besar, agar memperoleh kesempatan yang sama dalam membuat kemasan fleksibel yang berkualitas tinggi untuk mendukung usaha menjadi sukses.
“Dengan kapasitas produksi saat ini yang cukup besar hingga 5 juta pieces per bulan, kami siap untuk mendukung puluhan ribu UMKM. Inilah target yang ingin kami capai, agar bersama-sama, FlexyPack dan UMKM, bisa mengedepankan produk-produk lokal untuk bisa bersaing di level global,” harapnya.
Sejak 2020 hingga sekarang, FlexyPack telah memproduksi jutaan kemasan untuk ribuan pemilik bisnis, baik untuk produk makanan sampai kosmetik. Untuk segmen UMKM, saat ini datang dari beragam kategori produk, mulai dari produk makanan dan minuman, kecantikan, fashion, dan sebagainya.
“Bisa dibilang sebagian besar jenis usaha atau kategori produk dapat menggunakan FlexyPack. FlexyPack adalah yang pertama dan satu-satunya kemasan fleksibel digital yang dapat membuat merek para UKM berkelas dunia,” jelas Michael, yang menargetkan pertumbuhan tiap tahunnya dua sampai tiga kali lipat.
Diterangkan Denny Winoto, CTO dan Co-Founder FlexyPack, FlexyPack menyediakan berbagai macam jenis bahan, bentuk, dan ukuran kemasan fleksibel yang dapat disesuaikan dengan produk dan kebutuhan dari setiap pelaku UMKM. “Setiap kemasan menggunakan bahan unggulan yang dicetak, desain, dan diproduksi dengan mengedepankan teknologi dan kualitas terbaik,” ucapnya.
Leonard Theosabrata, Direktur Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha kecil Menengah (Smesco Indonesia), menambahkan, pelaku usaha perlu dibantu dan diberikan pilihan kemasan yang lebih variatif agar menarik dan mampu memenuhi standar, baik nasional maupun internasional.
“Berbagai pelatihan dan pendampingan tentang kemasan, promosi, dan branding telah dilakukan oleh Smesco bagi UKM agar mereka mengenal teknik kemasan modern serta penerapan desain serta branding yang efektif agar dapat meningkatkan akses pasar dan daya saing. "Pengembangan kemasan telah mendidik para UKM untuk melakukan sistem produksi yang lebih higienis dan lebih bertanggungjawab,” Leonard meyakini.
Diakui Abimanyu Primadipta, Pendiri Seutas, produsen tali masker, “FlexyPack mampu mengakomodasi semua kebutuhan kami. Desainnya mencakup seluruh area kemasan dengan bahan yang eksklusif. Kemasan produk kami jadi lebih menarik di mata konsumen. Hal ini terbukti dengan meningkatnya penjualan produk kami sejak beralih kemasan FlexyPack.”
Pada 2021 lalu, FlexyPack juga berhasil mendapat kucuran dana dari Benson Capital sebagai langkah pendanaan angel round investor. Dukungan ini memampukan FlexyPack untuk mengakselerasi ekspansi pasar di Indonesia, memperkuat riset dan pengembangan, serta mendukung strategi pertumbuhan perusahaan.
Diakui Ben Soebiakto, CEO dan Founder Benson Capital, ada sejumlah alasan mengapa Benson Capital memberikan pendanaan bagi FlexyPack. “Kami melihat para founder FlexyPack memiliki pengalaman di dunia industri dan finansial. Selain itu, dalam 2 hingga 3 tahun terakhir, UMKM bertumbuh siginfikan dan mereka bisa berkembang dengan bantuan FlexyPack. Bahkan, FlexyPack memiliki teknologi disrupsi, sehingga UMKM bisa mendapatkan akses dan harga yang terjangkau,” tutupnya.