FOI Kampanyekan “Aksi 1000 Bunda untuk Indonesia”

Foodbank of Indonesia (FOI), organisasi sosial untuk membantu mengatasi kesenjangan pangan, berupaya memerdekakan balita dari rasa lapar dalam gerakan “Aksi 1000 Bunda untuk Indonesia”.

Gerakan ini merupakan sebuah kampanye yang mengajak para bunda (kader, paud, calon bunda, pakar, akademisi) untuk bergerak membuka akses pangan dan memerangi kelaparan pada balita di Indonesia.

“Situasi pandemi ini semakin mempersulit balita memperoleh akses pangan yang layak. Banyak balita kita yang mengalami kelaparan, gizi kurang, bahkan stunting. Kita harus bergerak bersama untuk memerdekakan balita Indonesia dari rasa lapar,” ujar Hendro Utomo selaku Founder FOI, usai deklarasi kampanye bertepatan HUT Kemerdekaan RI.

Deklarasi aksi dilakukan secara simbolis di Pandeglang, Jakarta, dan Banyuwangi diikuti para bunda yang  bertekad  membuka akses pangan dan memerangi kelaparan pada balita. Kampanye diisi dengan rangkaian kegiatan mulai 15 Agustus hingga 22 Desember 2020.

Diawali dengan “Ekspedisi Merdeka 100% “melalui 7 provinsi dan menempuh jarak 2.500 km dengan berkendaraan motor.  Tim ekspedisi akan melakukan observasi mengenai isu kelaparan pada balita serta upaya yang dilakukan untuk memerangi kelaparan tersebut.

Survey FOI menyebutkan, kelaparan karena kemiskinan menyebabkan sekitar 27% anak ke sekolah dengan perut kosong, sedangkan kelaparan tersembunyi (hidden hunger) yaitu fenomena kekurangan vitamin dan mineral yang dapat berujung pada stunting.

Menurut Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak KPPPA, Lenny N. Rosalin menyatakan  pihaknya  mendukung upaya FOI membantu masyarakat dalam mencari solusi melalui redistribusi makanan berlebih sebagai upaya untuk membuka akses pangan bagi kelompok rentan, termasuk balita.

Mohammad Feriadi Presiden Direktur JNE mengatakan, sejak tahun 2018 JNE bersinergi dengan FOI dalam distribusi bantuan pangan. “Sejak itu, JNE terus berupaya turut berkontribusi memanfaatkan kapabilitas yang dimiliki untuk membantu mengirimkan berbagai bantuan pangan agar lebih luas lagi jangkauan areanya hingga ke seluruh pelosok Indonesia, termasuk dalam gerakan aksi 1000 Bunda,” paparnya dalam rilis di Jakarta, Kamis (20/8).

Hendro berharap kampanye dan aksi ini dapat menginspirasi semua pihak untuk turut berkolaborasi sesuai dengan bidangnya masing-masing demi mewujudkan target program, yakni membebaskan 50 ribu balita dari kelaparan. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)