Galaxy S21 Ultra 5G, Usung Fitur Konektivitas Masa Depan

Galaxy S21 Series 5G menjadi ponsel pertama Samsung di Indonesia yang mendukung jaringan 5G. Samsung sebelumnya  mengenalkan 5G pada seri Galaxy S10 yang meluncur tahun 2019, dan model seri S dan Note setelahnya juga mendukung 5G. Tapi varian yang dihadirkan di Indonesia hanya mendukung 4G.

Meski di Indonesia belum ada jaringan 5G komersial, Samsung memastikan Galaxy S21 Series 5G mendukung frekuensi 2,3 GHz yang dipilih oleh pemerintah untuk tahap awal adopsi 5G di Tanah Air.

Dengan dukungan 5G, Galaxy S21 Series 5G tentu bisa digunakan untuk mengakses internet dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan 4G. Modem 5G yang digunakan ketiga ponsel ini mendukung dua pita frekuensi yaitu Sub-6 GHz dan mmWave.

Jaringan 5G Sub-6 GHz menjanjikan kecepatan downlink hingga 5,1 Gbps. Frekuensi ini juga memiliki keunggulan dapat menjangkau lebih banyak orang, bahkan mereka yang jaraknya jauh dari menara 5G.

Galaxy S21 Ultra 5G juga menjadi salah satu ponsel pintar pertama di dunia yang mendukung Wi-Fi 6E yang merupakan teknologi jaringan wireless terbaru. Koneksi ini menjanjikan bandwidth yang lebih besar dan koneksi internet yang empat kali lebih cepat.

WiFi 6E merupakan ekstensi dari WiFi 6 yang sesunguhnya tidak ada berbeda dari segi kecepatan. Namun, hadirnya WiFi 6E adalah menambah band 6Ghz yang lebih baru dan lebih luas sehingga mengurangi intervensi dari perangkat-perangkat lain yang menggunakan konektivitas  WiFi yang sama. Teknologi WiFi 6E ini mampu menghasilkan koneksi yang lebih cepat dan mampu memberikan pengalaman tanpa hambatan saat menggunakan internet dalam berbagai situasi.

Hal tersebut dilakukan dengan memanfaatkan algoritma kecerdasan buatan atau Artificial Intlligence (AI) untuk menganalisis dan memprediksi pola lalu lintas aplikasi yang digunakan dalam perangkat dan kualitas sambungan Wi-Fi secara real-time. AI juga mengatur kualitas Wi-Fi yang dioptimalkan untuk mengurangi latensi yang diperlukan oleh aplikasi seperti panggilan video, cloud gaming, dan streaming.

Terlebih lagi, apabila koneksi Wi-Fi buruk, kemampuan WiFI 6E secara otomatis beralih ke jaringan seluler untuk memberikan pengalaman jaringan yang lebih baik dan tanpa gangguan.

UWB Mudahkan Integrasi

Samsung menghadirkan inovasi konektivitas dalam bentuk dukungan perangkat kepada teknologi masa depan yaitu 5G, WiFi 6E, dan Ultra Wide-Band (UWB).

Kesamaan antara UWB dengan teknologi seperti Bluetooth dan WiFi adalah ketiganya sama sama merupakan jaringan komunikasi nirkabel berjangkauan pendek yang menggunakan gelombang radio untuk beroperasi.

Perbedaannya tidak seperti WiFi dan Bluetooth, UWB beroperasi dengan menggunakan frekuensi yang sangat tinggi, sehingga sangat cocok untuk digunakan untuk menangkap data-data spasial dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi.

Salah satu fitur pada Samsung Galaxy S21 Series 5G yang telah secara penuh memanfaatkan UWB adalah SmartThings Find, dimana pengguna dapat menemukan perangkat yang terselip dengan mudah.

Pengguna dapat menggunakan pencari AR untuk memberikan pesan virtual kepada pengguna smartphone Galaxy lain bahwa Anda memerlukan bantuan untuk mencari barang yang hilang. Bahkan, berkat kemampuan UWB yang tertanam di Galaxy S21 Ultra 5G, pengguna akan segera dapat menggunakan smartphone untuk membuka kunci pintu mobil secara otomatis tanpa perlu mengeluarkan kunci.

Berkat inovasi fitur konektifitas yang dihadirkan itu, tak keliru jika Galaxy S21 Ultra 5G merupakan smartphone masa depan yang disiapkan untuk meng-cover perkembangaan jaringan konektivitas di Tanah Air.

Seperti diungkapkan Verry Octavianus , Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, pihaknya selalu berupaya menjawab tantangan-tantangan yang relevan.

“Samsung menghadirkan inovasi konektivitas dalam bentuk dukungan perangkat kepada teknologi masa depan yaitu 5G, WiFi 6E, dan UWB. Melalui konektivitas tersebut, Samsung ingin memastikan bahwa pengguna Samsung Galaxy S21 Series 5G akan tetap relevan di masa sekarang, dan masa yang akan datang," ujar Verry tandas. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)