Gandeng APRDI, Tokopedia Luncurkan Kampanye #InvestasiAjaDulu

Tokopedia berkomitmen untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Tanah Air. Komitmen tersebut diimplementasikan melalui kampanye #InvestasiAjaDulu berkolaborasi dengan Asosiasi Pelaku Reksa Dana dan Investasi Indonesia (APRDI) dan didukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta PT Bursa Efek Indonesia (BEI).

Samuel Sentana, AVP of Fintech Tokopedia, mengatakan kolaborasi merupakan bagian dari Gerakan Money Market Fund (GM2F) yang dicanangkan APRDI dan pelaku industri pengelolaan investasi untuk mendongkrak literasi dan inklusi keuangan masyarakat.

Melalui edukasi dalam kampanye ini, kami targetkan terjadi peningkatan literasi keuangan dari kalangan pelajar hingga ibu rumah tangga,” ujar Samuel pada acara peluncuran kampanye #InvestasiAjaDulu nyang diadakan di Jakarta, Senin (18/11).

Kampanye membidik investor perorangan (retail). Pihaknya tidak menjelaskan detil target investor yang ingin digaet, namun berdasarkan pengalaman, investor retail pada produk reksadana Syariah mengalami lonjakan yang signifikan. “Kami harapkan pencapaian ini juga berlaku pada kampanye #InvestasiAjaDulu,” tutur Samuel lagi.

Transaksi dan jumlah pengguna Tokopedia Reksa Dana masing-masing meningkat hingga 1.5 kali lipat pada bulan September 2019, jika dibandingkan dengan bulan Maret 2019.

Lebih lanjut, Tokopedia berkontribusi positif dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat. Studi dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) tahun 2018-2019 menyebutkan, Tokopedia membantu 78 persen pengguna menjadi lebih paham terhadap produk investasi digital. Selain itu, 82 persen dari pengguna juga menjadi semakin paham dalam menggunakan dompet digital.

Kampanye diselenggarkan dalam dua fase. Fase pertama menyasar ke kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan kota besar lainnya. Sedangkan fase kedua menyasar ke kota kecil/menengah yang tersebar secara nasional,” tandas Samuel.

Sementara Direktur Pengelolaan Investasi OJK, Sujanto menyambut baik inisiasi antara APRDI dengan Tokopedia melalui Kampanye #InvestasiAjaDulu.()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)