MIX.co.id - Jelang akhir tahun, Shopee kembali menggelar Shopee 11.11 Big Sale. Festival belanja yang digelar sepanjang 15 Oktober-11 November 2023 itu dihadirkan untuk mendukung perkembangan bisnis brand lokal maupun UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).
Diungkapkan Shopee, Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, pada hari ini (17/10), di Jakarta, sebagai platform e-commerce, Shopee diharapkan dapat menjadi wadah sekaligus teman untuk membantu seluruh pengguna mencapai impian maupun berkontribusi mendorong transformasi bisnis lebih tangguh bagi brand lokal dan UMKM di Indonesia.
“Kampanye 11.11 Big Sale kali ini merupakan momen yang sangat spesial dimana Shopee memperkuat komitmennya untuk memastikan bahwa manfaat e-commerce dapat dirasakan semua orang. Kami beruntung berada di garis depan dalam transformasi ini dan berharap dapat terus menciptakan peluang baru bagi para penjual,” katanya.
Melihat keberhasilan kampanye 10.10 kemarin, dimana jumlah produk terjual dari brand lokal dan UMKM mengalami peningkatan lebih dari 9 kali lipat pada puncak kampanye, ditambahkan Monica, maka pada kampanye 11.11 kali ini ditujukkan untuk menjadi festival belanja yang lebih besar dalam mendukung perkembangan bisnis brand lokal dan UMKM.
Lebih jauh ia menjelaskan, sepanjang tahun ini, Shopee telah menjalankan berbagai program dan inisiatif terbaru yang bertujuan untuk mendukung perkembangan bisnis para pelaku usaha lokal, baik yang sudah resmi menjadi penjual di Shopee maupun yang baru akan mendaftarkan bisnisnya secara online di Shopee.
“Melalui komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, kami menghadirkan serangkaian program, salah satunya Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor yang hadir sebagai one-stop solution bagi UMKM untuk meningkatkan kualitas dan merambah pasar dunia. Selama program ini berjalan, tercatat peningkatan jumlah UMKM yang dilatih dalam 1 tahun terakhir sebanyak 2x lipat. Pada puncak kampanye 10.10 kemarin, Program Ekspor Shopee juga memberikan kesempatan bagi brand lokal dan UMKM untuk memperluas jangkauan produk mereka ke pasar luar negeri dan memberikan peningkatan transaksi ekspor hingga 3 kali lipat dibandingkan hari biasa,” paparnya.
Pada kesempatan yang sama, Lira Krisnalisa, Founder & Chief Creative Officer Jenna&Kaia, turut bercerita tentang perjalanannya bersama Shopee. “Sebagai modest brand yang mendukung kebebasan berekspresi untuk melengkapi kepribadian dan keunikan setiap individu, Jenna&Kaia telah menghadirkan berbagai koleksi untuk mendukung para perempuan Indonesia dalam mengeksplorasi gaya fesyen mereka agar lebih percaya diri. Shopee memiliki andil yang sangat besar dalam membantu kami menjangkau pangsa pasar yang lebih luas sehingga kami dapat mewujudkan komitmen untuk menyediakan pilihan produk fesyen berkualitas ke seluruh Indonesia,” kisahnya.
Untuk turut memeriahkan kampanye 11.11 Big Sale, tambah Lira, Jenna&Kaia telah menyiapkan sejumlah kejutan menarik lewat penawaran dan promo spesial Magic Payday Up to 65% khusus tanggal 25-31 Oktober, dan Magic Price Up to 50% khusus di tanggal 8-13 November untuk pengguna Shopee.
Pada Spesial di 11.11 Big Sale kali ini, Shopee berkolaborasi dengan JKT48 untuk ikut memeriahkan kampanye melalui iklan TV, yang diwakili beberapa anggota JKT48, yaitu Zee JKT48, Freya JKT48, Gracia JKT48, dan Christy JKT48.
“Sebagai sosok anak muda Indonesia yang penuh talenta dan segudang prestasi, JKT48 merupakan figur yang tepat untuk Shopee rangkul agar dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat, khususnya generasi muda untuk terus berkreasi untuk menggapai mimpi. Pada acara hari ini pun, JKT48 hadir sebagai narasumber inspiratif yang berbagi cerita seru transformasi diri mereka bersama Shopee 11.11 Big Sale,” jelas Monica.
Diakui para member JKT48, tentunya JKT48 sangat senang dapat berkolaborasi dengan Shopee dalam kemeriahan kampanye 11.11 Big Sale tahun ini. Apalagi kehadiran Shopee yang terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan seluruh penggunanya. “Shopee sangat membantu dalam kebutuhan sehari hari, seperti keperluan make up. Bahkan, barang kami butuhkan cepat sampai, dengan menggunakan Shopee Instant. Apalagi, dengan adanya gratis ongkir dan aneka discount. Tidak hanya itu, kami pun bisa ikut mendukung bisnis brand lokal dan UMKM yang telah bergabung dengan Shopee agar semakin maju dan berdaya,” tutup Member JKT48.
(REPORTASE & FOTO: GEBIN)