Gandeng Kementerian PPPA, XL Luncurkan Aplikasi Sisternet

Demi lebih memaksimalkan kemampuan Sisternet menjangkau kalangan perempuan di semua lapisan masyarakat, PT XL Axiata Tbk. memutuskan untuk membangun aplikasi digital yang dapat mempermudah siapa saja untuk mengakses seluruh program Sisternet.

Oleh karena itu, pada hari ini (29/4), XL resmi meluncurkan aplikasi Sisternet. Peluncuran yang dihelat secara online ini menghadirkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia Bintang Puspayoga dan Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini.

Dijelaskan Dian, “Dengan adanya aplikasi ini, maka perempuan Indonesia di mana pun mereka berada, akan bisa lebih mudah mengakses program-program Sisternet. Sepanjang tahun, Sisternet menyelenggarakan banyak sekali kegiatan, terutama yang bersifat edukasi mengenai berbagai kebutuhan perempuan, mulai dari mengenai pengelolaan keuangan, membangun bisnis sendiri, peningkatan keahlian, hingga parenting. Sebagian besar kegiatan tersebut masih bersifat offline di banyak kota. Dengan adanya aplikasi ini, semua materi program Sisternet bisa diakses secara mudah di mana pun dan kapan pun.”

Lebih lanjut ia menerangkan, aplikasi Sisternet bisa diunduh di Google Playstore untuk ponsel Android dan App Store untuk iPhone. Aplikasi yang telah disiapkan selama lima bulan ini akan memuat berbagai agenda program yang dibagi dalam tiga segmen fitur, yakni Sister Berbagi, Agenda Berbagi, dan Modul Pintar.

Pada segmen Sister Berbagi, akan disajikan kumpulan artikel yang bersifat inspiratif dan motivatif bagi kaum perempuan untuk bisa lebih mandiri dan berdaya. "Sampai saat ini, Sisternet memiliki lebih dari 12 ribu artikel," ujarnya.

Adapun di segmen Agenda Berbagi, akan sajikan kelas-kelas edukasi yang mengajarkan berbagai ketrampilan digital, cara mendapatkan inspirasi, hingga bagaimana membangun jaringan. "Kelas-kelas ini bisa diakses secara gratis," tambahnya.

Sementara itu, pada segmen Modul Pintar, dihadirkan modul-modul edukasi dalam format audio visual mengenai beragam topik yang diajarkan oleh para ahli di bidangnya. Diungkapkan Dian, saat ini sudah tersedia sekitar 40 modul audio visual mengenai digital parenting, karir, kewirausahaan, dan pengelolaan keuangan. "Modul Pinter merupakan segmen yang paling banyak diakses oleh publik di website Sisternet.co.id," akunya.

Pada tahap pengembangan aplikasi, ada sejumlah fitur yang sedang disiapkan XL. Di antaranya, Portal Forum yang merupakan forum diskusi antarpelaku UKM perempuan. Ada juga Media Podcast yang menyediakan berbagai informasi dan materi-materi audio inspiratif. Selanjutnya, ada juga fitur Panic Button, sebagai sarana untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak.

"Untuk penyediaan fitur Panic Button, Sisternet bekerja sama dengan Kementerian PPPA. Ke depannya, Sisternet pun akan memberikan berbagai pelatihan pemasaran secara online kepada perempuan pelaku usaha kecil di 5 provinsi bersama Kementerian PPPA dan Mitranya yang bertujuan untuk meningkatkan literasi digital di bidang ekonomi," pungkas Dian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)