Gandeng Pemda Balikpapan, XL Luncurkan Xmart City

xl PT XL Axiata Tbk (XL) menggandeng pemerintah daerah kota Balikpapan, Kalimantan Timur, meluncurkan Xmart City

Dalam rangka impelementasi program Indonesia Broadband Plan, PT XL Axiata Tbk (XL) menggandeng pemerintah daerah kota Balikpapan, Kalimantan Timur, meluncurkan Xmart City berupa aplikasi digital untuk reservasi rumah sakit, pembayaran kir kendaraan bermotor dengan uang elektronik, marketing support for SME dan website untuk panti asuhan, pada Kamis (12/11/2015).

Direktur Digital Service XL, Ongki Kurniawan mengatakan, dukungan untuk masyarakat Kota Balikpapan ini berdasarkan konsep Sustainable Development Goals dari PBB yakni menerapkan 5 dari 17 sasaran. Kelimanya adalah dukungan sarana kesehatan, pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, inovasi, infrastruktur dan program pemberdayaan komunitas masyarakat secara berkelanjutan. “Insya Allah ke depannya, melalui konsep baru XL ini, Balikpapan siap menjadi salah satu XmartCity yang berstandar dunia.”

Bentuk kerjasama XL dengan Pemkot Balikpapan meliputi pengembangan solusi aplikasi reservasi rumah sakit secara online hingga pemberdayaan komunitas masyarakat setempat. XL juga menggandeng perguruan tinggi setempat, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Balikpapan untuk membangun solusi digital reservasi rumah sakit, serta meyiapkan situs untuk UKM dan pemberdayaan panti asuhan/rumah yatim.

Aplikasi reservasi rumah sakit berupa aplikasi digital yang memungkinkan siapa pun pihak yang berkepentingan mendapatkan akses informasi ruang kamar untuk melakukan rawat inap di rumah sakit. Pengguna aplikasi ini tidak terbatas kepada masyarakat (calon pasien), tetapi aplikasi ini juga dapat digunakan dan dimonitor oleh Dinas Kesehatan Pemkot Balikpapan. Pengguna aplikasi ini pun tidak harus pelanggan XL.

“Kami pun menyadari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menawarkan manfaat untuk bisa kita pakai guna meningkatkan kinerja pemerintah daerah dalam melayani masyarakat. Karena itu, kami menggandeng XL untuk kerjasama XmartCity ini untuk memecahkan beberapa persoalan yang ada,” ungkap Walikota Balikpapan, H.M. Rizal Effendi, SE.,

Ongki menambahkan, melalui program kerjasama XmartCity ini, XL bisa secara langsung mengenalkan manfaat besar dari keberadaan teknologi internet dan digital. Teknologi ini diharapkan menjadi solusi atas persoalan publik warga dan aparat pemerintah menyangkut kepentingan publik, serta mampu meningkatkan produktivitas, termasuk pasien rumah sakit dan pelaku UKM.

Bagi Pemkot, aplikasi ini memungkinkan mereka secara cepat dapat memfasilitasi masyarakat. Bagi pihak penyedia fasilitas kesehatan tentunya mempermudah proses rujukan layanan kesehatan antar-fasilitas kesehatan. Sementara itu, bagi pihak rumah sakit, aplikasi menjadi sarana promosi. Saat ini, telah 5 rumah sakit yang terhubung. Pada quarter pertama tahun 2016, diharapkan telah ada 12 rumah sakit yang terhubung.

Untuk Indonesia Brodband Plan 2015-2016, XL mentargetkan 3 kota, yaitu Balikpapan, Jembrana, dan Pekalongan. Disamping kota-kota tersebut, saat ini, XL sangat aktif membantu Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat untuk pengembangan kota pintar di daerah masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)