MIX.co.id - Tahun ini, Jakarta Fashion Week (JFW) akan menghadirkan fashion show dalam format Metaverse. Fashion show pertama di Metaverse Indonesia ini merupakan hasil kolaborasi antara JFW dengan PT WIR Asia Tbk., yang dikenal sebagai pelopor perusahaan berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI).
Metaverse merupakan dunia virtual, di mana pengguna dapat berbelanja, bersosialisasi, mengambil bagian dalam kegiatan, berdagang, rekreasi, dan belajar dalam realitas virtual tersebut. Diungkapkan Svida Alisjahbana, CEO GCM Group dan Chairwoman JFW, kolaborasi antara JFW bersama WIR Grup akan mendorong transformasi industri fashion ke dunia digital, yang semakin lebih baik.
“Pelaku industri kreatif dan fashion Indonesia memiliki kemampuan yang sama dengan pelaku industri fashion di luar negeri. Namun, masalahnya adalah kesempatan. Kini, hadirnya metaverse membuka hambatan itu dan semua pemain industri fashion Indonesia dapat memasuki pasar internasional,” katanya.
Upaya mengawinkan industri kreatif Indonesia dengan teknologi digital metaverse ini akan membuka akses seluas-luasnya bagi industri mode Indonesia untuk menembus pasar internasional. Platform Metaverse juga akan membuka peluang dan kesempatan bagi para pelaku industri untuk menjalin bisnis secara internasional, dengan konsumen secara global.
“Ini bukan kali pertama kami hadir di dunia virtual. Sebelum menapaki metaverse, JFW beradaptasi dengan tuntutan zaman melalui rangkaian Virtual Fashion Show pada tahun 2020-2021. Dengan kehadiran Metaverse Indonesia, tentunya akan banyak keuntungan yang akan didapat. Bukan saja bagi industri mode, tetapi juga bagi industri kreatif Indonesia di dunia digital tanpa batas ini,” yakinnya.
Lebih jauh ia menerangkan, JFW juga terus mengembangkan konsep O2O (Online to Offline) melalui pendekatan see now buy now yang dapat kembali disimak dalam Ramadhan Fashion Festival 2022, pada 7 April 2022 mendatang. Tidak hanya berfokus pada pagelaran mode, JFW berusaha mengembangkan industri mode secara menyeluruh dan berkelanjutan melalui program Indonesia Fashion Forward. Secara intensif JFW juga mengembangkan platform retail Fashionlink untuk terus mendorong pergerakan bisnis kreatif, khususnya di bidang fashion.
Sementara itu, dituturkan Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer PT WIR Asia Tbk., “Kolaborasi ini tentunya merupakan bentuk kepercayaan dunia industri kepada WIR Group sebagai perusahaan teknologi terdepan, yang membuat kami selalu terpacu untuk terus mengembangkan inovasi guna memberikan solusi teknologi bagi beragam sektor agar dapat menghadapi tantangan di era digital tanpa batas ini.”
Dia berharap kolaborasi WIR Group dan JFW di Metaverse Indonesia akan mendorong berbagai pihak untuk menapaki jalan yang sama. “Dengan keahlian dan pengalaman WIR Group, kami memberikan solusi terbaik bagi klien-klien di dalam maupun di luar negeri, berkontribusi dalam pengembangan ekonomi digital di Indonesia,” pungkasnya.