MIX.co.id - Menyasar pasar ASEAN, Sharp memperkenalkan jajaran produk terbaru mereka, seperti peralatan rumah tangga, Audio Video, Smartphone, dan solusi rumah pintar AIoT Cocoro Home, pada pameran regional "Sharp Sync Up 2024" di Thailand.
Pameran regional itu merupakan tanggapan positif Sharp terhadap gaya hidup konsumen yang terus berubah di wilayah Asia Tenggara dengan preferensi terhadap keberlanjutan, fokus pada inovasi, kemudahan, dan kebutuhan akan gaya hidup yang lebih personal serta berorientasi pada keluarga.
"Sharp terus melakukan investasi untuk meningkatkan pertumbuhan bisnisnya di wilayah ASEAN. Posisi kami yang kuat di sini, menjadikan kami lebih memahami perubahan kebutuhan konsumen dari waktu ke waktu. Merek Sharp terus menonjol di wilayah ASEAN berkat komitmen dan dukungan dari mitra dan anak perusahaan kami. Pengakuan sebagai merek nomor satu di ASEAN dalam kategori kulkas dan microwave adalah bukti kepercayaan konsumen terhadap keunggulan inovasi Sharp. Kami berharap dapat terus meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menghadirkan sejumlah produk dan solusi baru untuk gaya hidup yang lebih baik," ungkap Tomoki Tamura, BU Vice President, Global Business and General Manager, Head of Global Kitchen Appliance Business Unit, Smart Appliances & Solution BU Sharp Corporation.
Mitra bisnis anak perusahaan Sharp Corporation dari seluruh ASEAN dan global berkumpul di Bangkok, Thailand, untuk menghadiri acara pameran selama dua hari tersebut. Sharp menghadirkan jajaran produknya yang terbagi dalam lima kategori yaitu Smart home (solusi penjernih udara dan peralatan rumah tangga), Konsep Energi Terbarukan, Smart Entertainment, Smart Lifestyle, dan Smart Office.
Wilayah ASEAN merupakan wilayah terpadat ketiga di dunia yang juga menawarkan peluang ekonomi yang menjanjikan. Gaya hidup perkotaan yang dinamis, terus mengalami pergeseran. Rumah pintar menjadi sebuah cara baru untuk tinggal di rumah. Melalui integrasi sistem yang canggih, rumah pintar menghadirkan kenyamanan, keamanan, dan efisiensi yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Guna memenuhi kebutuhan tersebut, Sharp memperkenalkan Sistem Manajemen AIoT Sentral yang cerdas di acara pameran regional Sharp Sync Up 2024. Memanfaatkan kekuatan kombinasi AI dan IoT, sistem ini menciptakan ekosistem harmonis di dalam rumah, melalui aplikasi Cocoro Home, perangkat rumah seperti kulkas, AC, mesin cuci, penjernih udara, bahkan Oven Uap Superheated Sharp Healsio dapat dihubungkan dan dikontrol. Preview ini memberikan wilayah ASEAN gambaran akan misi Sharp untuk menciptakan dunia yang berorientasi pada manusia melalui perangkat dan layanan yang didukung AIoT.
Selain itu, Sharp juga memamerkan microwave unik dalam bentuk laci. Sharp menawarkan kebebasan pada konsumennya dengan memberikan pilihan untuk menginstal perangkat ini di bawah meja dapur, atau di dinding. Dipelopori oleh Sharp, produk ini banyak diadopsi di daerah barat dan berhasil terjual lebih dari 1 juta unit di Amerika Serikat. Microwave dengan desain ergonomis ini kini siap untuk melakukan debutnya di wilayah ASEAN.
Sementara itu, selaras dengan gaya hidup kontemporer, Sharp juga menghadirkan jajaran produk kecantikan yang dipersonalisasi guna memenuhi kebutuhan konsumen urban yang cerdas saat ini. Pengering rambut dengan teknologi Plasmacluster terbaru Sharp, kini dilengkapi dengan teknologi sensor untuk mengontrol suhu udara serta menghasilkan ion positif dan negatif untuk meningkatkan kelembaban dan melindungi rambut.
Highlight lain dalam kategori peralatan rumah tangga adalah Ractive Air SR-9, penyedot debu super dengan daya hisap tinggi, super senyap, dan ringan dengan berat hanya 1,7kg.
Sharp juga mengisi kesenjangan pasar dengan mesin cuci mini sebagai mesin cuci kedua dan ketiga untuk melengkapi mesin cuci utama setiap rumah konsumen. Mesin cuci mini unik Sharp berkapasitas 3kg ini hadir dalam dua varian, berdiri di lantai dan dipasang di dinding. Mesin cuci mini milik Sharp ini sangat ideal bagi konsumen yang tinggal di hunian yang kompak
SHARP terus memanfaatkan peluang pertumbuhan dengan mengisi kesenjangan pasar dengan penawaran TV 4K mid-range berkualitas tinggi namun terjangkau. Dua varian baru yaitu AQUOS XLED GU8500 dengan Fitur panel Mini LED generasi baru cerdas dari SHARP dan AQUOS TRU GN7000 (True Resolution Upscale) dipresentasikan di Thailand.
"ASEAN terus menjadi pasar penting bagi bisnis Audio Visual SHARP. Bersama anak perusahaan, kami berkomitmen untuk memperkuat kehadiran kami di pasar elektronik dengan melakukan investasi berkelanjutan dalam riset dan pengembangan produk Audio visual melalui inovasi bernilai tinggi dan terdepan. Pameran ini adalah contoh upaya kami untuk memperkuat bisnis di ASEAN dengan mendorong kolaborasi lintas dan harmonisasi kemitraan di antara anak perusahaan kami. Hal ini tentunya akan meningkatkan nilai merek SHARP, produk dan layanan kami bagi konsumen," ungkap Sharp Corporation Head of Global TV, TV Systems BU Hiroyuki Yoshida.
Saati ini, B2B (Business to Business) menjadi pilar bisnis utama yang menyumbang 25% dari total penjualan Sharp. Bisnis B2B meliputi berbagai solusi digital untuk berbagai aplikasi. Termasuk aplikasi industri untuk solusi pabrik yang mengintegrasikan robotika, Automatic Guided Vehicles (AGV), serta aplikasi bisnis termasuk solusi ritel, papan tulis interaktif BigPad, dan generasi terbaru PC premium AI Portégé X40L Dynabook hyperlight.
Sementara itu, rencana Sharp untuk memperkuat bisnis energi terbarukan di ASEAN menarik minat besar para tamu undangan. Selama lebih dari 60 tahun, merek ini telah menjadi kekuatan global dalam penelitian dan pengembangan teknologi fotovoltaik, yang umumnya dikenal sebagai sel surya. Mulai dari satelit Ume tahun 1976 hingga satelit-satelit docking pertama di dunia, Orihime dan Hikoboshi, sel surya Sharp telah dipasang di satelit-satelit Jepang sebagai sumber energi yang berfungsi di bawah kondisi keras di luar angkasa.
"Kami akan memperluas pengenalan sistem tenaga surya ke daerah-daerah di luar Thailand dan Vietnam untuk mencakup Filipina, Malaysia, Indonesia, dan lain-lain, berkontribusi pada netralitas karbon seiring dengan tren investasi ESG yang berkembang dan SDGs," pungkas CEO Sharp Solar Solution Asia, Hideyuki Inada.